Di Seminar Nasional GPMB, Airin Rachmi Diany Paparkan Perkembangan TBM di Tangsel

By on Rabu, 27 September 2017

Kabartangsel.com – Walikota Airin Rachmi Diany memaparkan materi tentang strategi pembudayaan kegemaran membaca masyarakat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada seminar nasional yang diselenggarakan oleh Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) di Hotel Arya Duta, Jakarta, Selasa (26/9/2017). Seminar ini mengangkat tema “Sinkronisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca dalam Rangka Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat di Era Digital”.

Airin mengatakan, gerakan pemasyarakatan minat baca sejalan dengan program prioritas Pemkot Tangsel, yaitu pengembangan Taman Bacaan Masyarakat. Airin menyampaikan, di lima tahun awal pemerintahannya telah mendorong masyarakat untuk bisa membuat taman bacaan.

“Hasilnya partisipasi masyarakat sangat tinggi dengan adanya 78 Taman Bacaan hingga saat ini. Pemberian insentif juga diberikan secara berkala untuk Taman Bacaan yang berprestasi. Membangun kemitraan dengan pihak swasta juga telah dilakukan, seperti pemasangan wifi disetiap taman bacaan, sehingga Taman Bacaan tidak hanya tempat membaca akan tetapi menjadi sentra sosial,” kata Airin.

Airin mengaku, beragam rangkaian prestasi telah dicapai, antara lain Taman Bacaan di Tangsel berhasil meraih juara 1 lomba tingkat Provinsi Banten dua tahun berturut-turut serta Tingkat Nasional dari Kemendiknas tahun 2010 dan 2017 serta juara Inovasi Mobil Pintar tingkat Nasional.

“Beragam kegiatan untuk menstimulasi minat membaca telah dilakukan, antara lain Gerakan ibunda membaca untuk ananda yakni 15 menit orangtua meluangkan waktu setiap harinya membacakan buku untuk anak dan Gerakan Kamis membaca yang diberlakukan di seluruh SD Negeri di wilayah Kota Tangerang Selatan,” ujar Airin.

Airin menambahkan, pihaknya akan membangun perpustakaan skala kecamatan dan skala kota. Diantaranya yang telah selesai dan akan diresmikan dalam waktu dekat yakni di Kecamatan Pondok Aren. Dilanjutkan dengan rencana pembangunan Perpustakaan tingkat kota tahun depan yang telah dianggarkan tahun ini sebesar Rp48 Milyar. (ris/fid)