DLHK Tangsel Keruk Longsoran Sampah TPA Cipeucang di Sungai Cisadane

By: Jumat, 22 Mei 2020

Lantaran diguyur hujan sheet file Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang di Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) runtuh. Akibatnya, sebagian sampah terbawa hingga ke Sungai Cisadane.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Tangsel, Toto Sudarto menjelaskan, penyebab TPA Cipeucang longsor dikarenakan landfill tak bisa menahan kapasitas sampah ditambah dengan aliran Sungai Cisadane yang begitu deras.

“Saya dapat laporan dari kepala UPT Cipeucang bahwa landfill proyek longsor karena hujan beberapa hari dan air yang cukup deras keluar dari landfill sehingga mendorong sampah,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (22/5/2020).

Toto mengatakan, kondisi luapan mata air yang keluar cukup deras menyebabkan aliran air tidak ada celah untuk keluar atau tidak ada rongga untuk air mengalir sehingga menyebabkan sampah tumpah.

“Sekarang di lapangan berupaya menarik kembali sampah-sampah yang ada di sungai. Dikeruk ke pinggir dengan alat yang ada. Semoga bisa mengurangi volume agar air mengalir,” ungkapnya.

Menurutnya, derasnya air hujan yang mengguyur di sebagian Kota Tangsel mengakibatkan runtuhnya penampungan sampah.

“Kita usahakan secepatnya untuk menarik sampah dari sungai,” ujarnya.

Untuk menarik sampah yang tumpah di sungai, sambung Toto, pihaknya menurunkan armada agar tidak membendung sungai.

“Mudah-mudahan kita bisa atasi secepatnya,” tandasnya. (wt/fid)