Connect with us

Berita lama. FPI Surabaya membubarkan diri pada 4 Juni 2008 bukan 9 Desember 2020.

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

Advertisement

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/JwV87

https://archive.vn/c8VBf

= = = = =

Advertisement

NARASI:

“FPI Surabaya Resmi Bubar
Adam Rizal
Dec 9, 2020 – 21:25”

= = = = =

PENJELASAN:

Advertisement

Beredar sebuah postingan dari akun Facebook El-Aziz Putu Kalijogo berupa tangkapan layar berita berjudul “FPI Surabaya Resmi Bubar” dengan tanggal pemberitaan 9 Desember 2020. Postingan ini dipublikasikan pada tanggal 10 Desember 2020 dan disukai 6 kali.

Setelah ditelusuri tentang pembubaran FPI di Surabaya mengarah ke artikel berita dari senayanpost.com dengan judul dan tampilan yang serupa dengan tangkapan layar tersebut, konten pada artikel tersebut ternyata ditemukan juga pada artikel berita liputan6.com yang berjudul “FPI Surabaya Membubarkan Diri” yang dipublikasikan pada 4 Juni 2008. Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa FPI Surabaya menyatakan pembubaran diri setelah mass dari Anshor, Garda Bangsa, PMII, dan Banser menyerbu markas FPI di Jalan Wonosari, Surabaya. Habib Ali selaku Ketua FPI Surabaya sempat menolak atas pembubaran tersebut hingga akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi membubarkan FPI Surabaya dari segala aktivitasnya.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim FPI Surabaya bubar pada 9 Desember 2020 adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Salah/False Context.

= = = = =

Advertisement

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/news/read/160323/fpi-surabaya-membubarkan-diri

https://www.dewanpers.or.id/data/perusahaanpers

Copyright ©

Advertisement

Populer