Gelaran Lebaran Betawi Tangsel 2016 Berlangsung Meriah

By on Jumat, 5 Agustus 2016

Acara Gelaran Lebaran Betawi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2016 di Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, sudah dimulai pada hari ini, Jum’at (5/8). Lebaran Betawi yang digelar kedua kalinya oleh Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangerang selatan (LIMABETA) dan Kantor Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangsel itu akan berlangsung selama tiga hari dari Jumat sampai Minggu 5-7 Agustus 2016.

“Hari ini soft opening yang dibuka oleh Pak Dedi Budiawan (Asda II Pemkot Tangsel). Untuk pembukaannya dilakukan besok (Sabtu) oleh Ibu Walikota (Airin Rachmi Diany-red),” kata Ketua Panitia Pelaksana Festival Lebaran Betawi Tangsel 2016, Rudi.

Rudi menjelaskan, beragam seni dan warisan budaya betawi ditampilkan dalam Lebaran Betawi Tangsel. Mulai dari rumah blandongan, alat memasak khas betawi, transportasi khas betawi tahun 1950-an, makanan khas, Lenong betawi dan beragam jenis warisan budaya betawi lainnya. Ia berharap, masyarakat tergugah dengan kegiatan tersebut dan mulai mencintai budaya khas Betawi.

Dok. Kantor Budpar Tangsel

Dok. Kantor Budpar Tangsel

Dok. Kantor Budpar Tangsel

[Dok. Kantor Budpar Tangsel]

“Besok setelah pembukaan akan dilangsungkan silaturahmi lebih dari 50 padepokan pencak silat se-Tangsel. Kita juga akan dihibur band kenamaan Betawi, Band Biang Kerok. Ada juga lomba menghias ondel-ondel. Pokoknya menarik,” kata dia.

Sementara Asda II Pemkot Tangsel, Dedi Budiawan menilai pelaksanaan Lebaran Betawi Tangsel 2016 lebih meriah dibandingkan tahun kemarin. Artinya, kata dia, kegiatan yang sudah dirintis LIMABETA ini berhasil dan menggugah hati masyarakat.

“Ini bagus, untuk pertahankan budaya asli agar tidak hilang. Saat ini, kami juga sedang susun naskah akademik untuk membuat Perda yang mengatur soal pelesatarian kebudayaan. Perda akan menjadi penguat agar kegiatan-kegiatan serupa bisa dengan mudah dilaksanakan,” tandasnya. (one/fid)