GIPTI, Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi

By on Sabtu, 13 Juni 2020

Pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (GIPTI) dilaksanakan dalam rangka mendukung National Science & Technology Park (N-STP) Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) sebagai salah satu implementasi Program Nawa Cita pemerintahan Presiden Joko Widodo (STP) dalam mengembangkan STP di Indonesia. GIPTI merupakan wahana untuk diseminasi dari hasil-hasil penelitian dan inovasi yang selama ini telah dilakukan di PUSPIPTEK agar dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Pembangunan GIPTI dilakukan di atas lahan PUSPIPTEK yang berlokasi di Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang yang dimulai dari penandatanganan Kesepakatan Bersama antara PUSPIPTEK, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Universitas Paramadina, dan PT Bumi Serpong Damai, Tbk. nomor 0/P2/KS/2018, 417.6/105-KSD/2018, SP-010/REK/UPM/1/2018, dan MoU/001/BAPA-PO/SML/1/2018 tanggal 15 Januari 2018 tentang Pengembangan “Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi” di Kabupaten Tangerang dalam rangka Mendukung National Science & Technology Park (N-STP) PUSPIPTEK. Sebagai tindak lanjut Kesepakatan Bersama tersebut, dilakukanlah penandatangan Perjanjian Hibah antara PT. Bumi Serpong Damai, Tbk. dengan PUSPIPTEK nomor 014/CEO-SLB/BSD/V/2018 dan 35/P2/KS/2018 tanggal 16 Mei 2018 tentang Pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi.

“GIPTI pastinya sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Kepala Puspiptek, Sri Setiawati, Jumat, (13/6/2020).

Menurutnya, pengembangan teknologi di Indonesia sangat penting. Sebab, di era digital ini membutuhkan kecepatan teknologi sehingga tidak ketinggalan dengan negara lain.

“Rohnya GIPTI itu untuk mengembangkan bidang teknologi dengan dilengkapi sarana dan pra sarana yang mumpuni,” ujarnya.

Sarana dan prasarana yang akan dibangun dalam proyek GIPTI diharapkan dapat menghubungkan antara dunia penelitian, kampus, serta dengan industri berbasis teknologi dan dunia usaha yang akan melibatkan kontribusi dari masyarakat sekitar. Fasilitas umum yang akan dibangun nantinya membutuhkan tenaga keamanan dan kebersihan yang senantiasa menjaga agar lingkungan tetap kondusif. Untuk fasilitas umum lainnya disediakan foodcourt yang membutuhkan mitra kerjasama dari masyarakat sekitar. Mengingat banyaknya peneliti yang menghuni di sekitar kawasan GIPTI, diharapkan dapat berkontribusi dalam menyampaikan hasil penelitiannya kepada masyarakat. (kts)

Bca juga: Dalam Waktu Dekat, Puspiptek Akan Operasikan GIPTI 


error: Terimakasih