Connect with us

Cek Fakta

Gubug Makan Mang Engking Tidak Ada Kaitannya dengan HTI dan Bukan Pendana Radikal & Khilafah

[SALAH] “resto mang Engking RUMAH MAKAN PENDANA RADIKAL DAN KHILAFAH PERUSAK NKRI” – TurnBackHoax.ID

Klaim MENYESATKAN. FAKTANYA, Restoran Mang Engking BUKAN Restoran Joglo Engking yang baru-baru ini dikaitkan dengan HTI (Hizbut Tahrir Indonesia). Pemilik Restoran Mang Engking adalah Mang Engking Sodikin, BUKAN Titik Nurchasanah yang merupakan pemilik Joglo Engking.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

Advertisement

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/CwVbm (arsip cadangan).

NARASI: “Di Jogja, Semarang, dan kota2 besar lainnya banyak resto mang Engking… katanya pemilik nya orang2 jidat gosong pembenci pemerintah..

Ternyata ini adalah rumah makan owner nya para khilafah dan radikal gaesss… dulu sepertinya aku pernah makan di salah satu rmh makan kyak ini..

Dan sekarang aku “HARAM KAN MAKAN DI RUMAH MAKAN PENDANA RADIKAL DAN KHILAFAH PERUSAK NKRI” ..”

PENJELASAN

Advertisement

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER menyebarkan informasi dengan klaim yang MENYESATKAN, Restoran Mang Engking dikaitkan dengan Restoran Joglo Engking yang berhubungan dengan kasus baru-baru ini dikaitkan dengan HTI.

Verifikasi Klaim

Salah satu sumber klaim Joglo Engking dengan HTI, MurtadhaOne1 di Twitter: “Coba kelen search di google map “Markas HTI Sleman” terlihat di lokasi tersebut logo yang sama dengan logo cafe nya titik nurchasanah, isteri dari dosen UGM karna wijaya” [2]

Klarifikasi dari Manajemen Gubug Makan Mang Engking Pusat: “Pemilik Brand Kami adalah Bpk. Engking Sodikin, Terdaftar di Kementrian Hukum & HAM, Hak Kekayaan Intelektual dibawah naungan PT. Mang Engking Group Indonesia.” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Solopos pada 25 September 2011: “Mang Engking Sodikin, sang pemilik rumah makan, asal Tasik Malaya telah menambak udang sejak 1990-an di Jogja.” [4]

Google – News, kata kunci: “titik nurchasanah” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

Advertisement

[2] twitter.com/MurtadhaOne1, https://archive.ph/7cdgf (arsip cadangan).

[3] facebook.com, https://bit.ly/3JX6UjG / https://archive.ph/exmny (arsip cadangan).

[4] solopos.com: “Gubug Makan Mang Engking: Variasi menu dari tambak sendiri”, https://bit.ly/3uYtjc8 / https://archive.p/oXYuu (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/36vhP6l / https://bit.ly/3Or2DIL (arsip cadangan).

Advertisement

Copyright ©

Populer