HUT RI ke-73, Airin Rachmi Diany Paparkan Raihan Keberhasilan Pemkot Tangsel

By on Senin, 20 Agustus 2018

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menyatakan sebagai generasi penerus bangsa, kita semua harus bisa membuat bangga para pejuang yang telah mengorbankan jiwa raga dan hartanya dalam meraih kemerdekaan.

”Komitmen pemkot terus melakukan pembangunan yang mensejahterakan masyarakat,” katanya saat sambutan peringatan HUT Proklamasi ke-73 bertempat dilapangan Cilenggang, Jumat (17/8).

Sebagai contoh, lanjutnya, di akhir tahun 2017, Tangsel berhasil meraih penghargaan sebagai kota terbaik kedua se-Indonesia dalam hal inovasi pelayanan kepada masyarakat berdasarkan penilaian yang dilakukan kementerian dalam negeri. Selain itu, memiliki nilai yang baik dalam penerapan konsep smart city, berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh kementerian komunikasi dan informatika.

”Ini semua tentunya sejalan dengan apa yang telah kita sepakati bersama, yaitu bahwa visi kota yang ingin kita wujudkan adalah sebuah kota cerdas yang mampu memanfaatkan keunggulan inovasi dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Sedangkan tahun 2018 ini, berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UMKM sebagai pemerintah kota yang peduli dan memberikan perhatian serta memiliki program strategis dalam rangka memajukan koperasi dan umkm.

“Tentunya hal ini juga sejalan dengan salah satu misi yang kita miliki yaitu bagaimana kita dapat memajukan para pelaku ekonomi kecil dan menengah yang perannya sangat penting dalam perekonomian daerah,” tuturnya

Penghargaan lain yang juga telah berhasil diraih. kata Airin, adalah penghargaan sebagai kota layak anak tingkat madya yang diberikan oleh kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Hal ini menunjukkan bahwa upaya kita semua dalam bidang ini telah mendapatkan pengakuan dari pihak luar,”tambahnya.

Airin menambahkan di bidang kepariwisataan, Kota Tangsel juga telah berhasil meraih penghargaan Indonesia Smart Nation dari Kementerian Pariwisata.

”Kita sepenuhnya menyadari bahwa bidang ini memiliki posisi yang sangat strategis dalam memajukan perekonomian daerah. kita ketahui bersama, Kota Tangerang Selatan memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kota MICE, yaitu singkatan dari meeting, incentive, convention and exhibition yang pada era saat ini merupakan sebuah unsur penting dalam pengembangan bidang pariwisata,” tuturnya

Bahkan di tingkat regional, untuk keempat kalinya berturut-turut, Kota Tangsel berhasil meraih predikat juara umum di ajang MTQ tingkat Provinsi Banten.

“Ini merupakan salah satu bukti bahwa, sebagaimana yang tertuang dalam motto, kita semua ingin membangun sebuah kota yang tetap memperhatikan aspek religius ditengah-tengah upayanya mewujudkan sebuah kota yang cerdas dan modern,” papar Airin.

Satu pelajaran penting yang dapat dipetik dari penghargaan, lanjut Airin, adalah bahwa sesungguhnya kita memiliki potensi untuk selalu menjadi lebih baik lagi.

“Langkah yang perlu kita ambil selanjutnya adalah menggali dan memberdayakan semua potensi yang kita miliki untuk kemajuan kota dan kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Tangerang Selatan,” terangnya

Terkait dengan pencapaian-pencapaian tersebut, Airin menekankan kembali bahwa apa yang sudah dicapai ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, seluruh elemen yang ada di Kota Tangsel.

“Apa yang sudah kita raih, tentunya tidak boleh membuat kita cepat berpuas diri, melainkan harus dipandang sebagai pemacu semangat kita semua untuk memberikan yang lebih baik lagi. Masih banyak yang harus kita lakukan bagi kota kita yang tercinta ini. Dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan dalam rangka memajukan daerah, di tahun 2018 ini kita juga terus melaksanakan beberapa program strategis,” ujarnya

Airin melanjutkan, di bidang pendidikan dan kesehatan, yang merupakan salah satu bentuk pelayanan dasar, Kota Tangsel terus meningkatkan kualitas infrastruktur dan dukungan sarana dan prasarana. Pembangunan, penambahan dan perbaikan sekolah, perpustakaan, gedung pendukung proses belajar-mengajar, rumah sakit umum, puskesmas dan posyandu serta gedung pelayanan kesehatan terpadu terus dilakukan. Hal ini dalam rangka terus memperbaiki tingkat pendidikan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Bidang infrastruktur, jalan kota, jembatan, saluran pengairan dan reservoir pengendali banjir terus dibangun. untuk pengendali banjir, di tahun ini Pemkot Tangsel akan bangun di Kecamatan Serpong dan Pondok Aren. Tangsel juga akan membangun sarana-sarana publik yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan sosial dan interaksi masyarakat, yaitu kawasan civic center atau community center di pamulang, dan kawasan pertanian terpadu di kelurahan ciater kecamatan serpong.

“Kita berharap, dengan semakin banyaknya sarana dan ruang publik bagi masyarakat untuk saling berinteraksi, ber-rekreasi dan berintegrasi, rasa kebersamaan dan kekeluargaan kita akan semakin terbangun. Untuk mendukung bidang transportasi, kita juga akan membangun terminal di kawasan BSD. Di samping itu, dalam rangka optimalisasi penanganan bencana kebakaran, kita akan membangun gedung posko pemadam kebakaran.”jelasnya.

Dalam bidang pemerintahan, Airin mengaku akan akan terus melanjutkan pembangunan dan merenovasi kantor kecamatan dan kelurahan.

“Di tahun ini akan ada tiga pembangunan gedung kelurahan yaitu di Perigi Baru, Lengkong Gudang dan Kranggan. Kita berharap dengan sarana dan prasarana yang semakin baik, pelayanan kepada masyarakat khususnya yang ada di wilayah akan menjadi semakin baik,”katanya.

Bidang pelayanan publik khususnya perijinan, selain telah menggunakan sistem aplikasi yang memungkinkan seluruh proses layanan menjadi lebih efisien, efektif dan transparan, Pemkot Tangsel juga akan membangun satu gedung khusus untuk pelayanan publik di kawasan Cilenggang. Gedung yang rencananya memiliki delapan lantai ini, kata Airin, nantinya akan menjadi pusat pelayanan terpadu di bidang perijinan.

“Hal ini kita lakukan dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip pelayanan prima, good governance dan juga prinsip daerah ramah investasi,” terang Airin.

Sementara di bidang pemberdayaan koperasi dan umkm, di samping upaya pembinaan dan fasilitasi, Pemkot Tangsel juga akan memiliki gedung galeri koperasi dan UMKM di kawasan BSD. Gedung ini akan memiliki fungsi sebagai ruang promosi, inovasi dan juga inkubasi.

“Pengelolaannya akan dilakukan secara kolaboratif dengan pihak-pihak yang akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan koperasi dan UMKM. Di luar program prioritas dan strategis ini, tentunya kita tetap melaksanakan program dan kegiatan lain yang tidak kalah pentingnya, dalam rangka membangun dan memajukan kota dan juga masyarakat Tangerang Selatan,” pungkasnya. (dkt/fid)