Kasus Meningkat, Airin: RSU Pakulonan Jadi Rumah Sakit Rujukan Khusus Covid-19

By: Jumat, 25 Desember 2020

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengatakan pemerintah daerah bakal menambah sarana dan prasarana perawatan Covid-19, baik di rumah sakit swasta atau pemerintah. Ini seiring dengan terus meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Tangsel.

“Peningkatan kasus Covid-19 di bulan Desember tertinggi dibandingkan bulan Maret lalu. Artinya masyarakat harus waspada dan menjaga kesehatannya dengan penerapan prokes,” kata Airin dalam keterangan yang diterima, Kamis (24/12/2020).

Pihaknya juga terus menambah sarana dan prasarana instalasi Intensive Care Unit (ICU), baik rumah sakit swasta dan pemerintah.

“Kasus (covid-19) meningkat, beberapa rumah sakit menambah ruangannya. Kita juga akan pergunakan Rumah Sakit Pakulonan yang baru selesai dibagun, menjadi rujukan khusus covid-19,” ujarnya.

“Rumah Lawan Covid juga akan ditambah 20 ruangan lagi, sejauh ini baru terisi 100 dari kapasitas 150,” tambahnya.

Airin menambahkan peningkatan kasus kematian disebabkan isolasi mandiri yang tak optimal. Banyak pasien covid-19 yang masuk ke rumah sakit terlambat, baru dirawat dua sampai tiga hari pasien meninggal. Artinya, isolasi mandiri yang dilakukan tak optimal. Untuk itu, pemkot akan membangun isolasi mandiri terpusat lagi seperti rumah lawan covid.

“Kita akan cari Hotel untuk bisa dijadikan lokasi isolasi terpusat. Tapi, hasil koordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Tangsel, ternyata hotel rata-rata penuh,” tuturnya

“Tapi, kita terus mencari lokasi alternatif lainnya, bisa kos-kosan atau guest house untuk dijadikan tempat isolasi mandiri sehingga pasien covid-19 bisa mendapatkan perawatan yang benar dan kasus kematian bisa ditekan,” tandasnya. (red/plp)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *