Connect with us

Banten

Komisi II DPRD Banten Sambangi TPI Pelabuhanratu

Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Banten mengadakan Kunjungan Kerja ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jumat (27/01/2023).

Pada kunjungan kerja Komisi IV ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhanratu Sukabumi ini diikuti oleh Ketua Komisi II Drs. H. Iip Makmur, Sekretaris Komisi II H. Oong Syahroni, beserta jajaran anggota Komisi IV lainnya, juga didampingi oleh Kepala DKP Provinsi Banten dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi.

Dikesempatannya, Komisi II menyebutkan bahwa adanya kunjungan kerja ini dalam rangka melakukan koordinasi terkait sistem pengelolaan dan fungsi keberadaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhanratu Sukabumi.

“Adanya tujuan Komisi II ini untuk bisa melakukan koordinasi terkait sistem pengelolaan dan fungsi dari TPI, oleh sebab itu kami Komisi II mengadakan kunjungan kerja kesini (TPI Pelabuhanratu),” ujar Komisi II.

Advertisement

Kemudian dijelaskan secara singkat oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi bahwa Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palabuhanratu dibangun oleh Pemerintah untuk memudahkan proses pemasaran melalui pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan. Menurutnya, dengan tujuan dari sistem pelelangan ikan di TPI yang sesungguhnya adalah mencari pembeli potensial sebanyak mungkin untuk menjual hasil tangkapannya pada tingkat harga yang menguntungkan tanpa merugikan pedagang
pengumpul.

“Pemerintah membangun TPI untuk memudahkan proses pemasaran melalui pelelangan ikan untuk para nelayan, karena tujuan TPI yang sesungguhnya adalah untuk mencari pembeli berpotensial tinggi tanpa merugikan pedagang,” ucapnya.

Dengan telah dilakukannya kunjungan kerja ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palabuhanratu, besar harap Komisi II untuk dapat menjadikan hasil dari kunjungan ini sebagai tolak ukur bagi Provinsi Banten lebih maju ke depannya.

Advertisement

Populer