Kota Tangerang Jadi Peserta World Cities Summit di Singapura

By: Rabu, 14 Mei 2014

Kota Tangerang mulai diperhitungkan negara-negara tetangga. Hal ini terbukti dengan terpilihnya Kota Tangerang sebagai salah satu wilayah yang mewakili Indonesia dalam World Cities Summit (WCS) di Singapura yang dihadiri 162 Wali Kota  seluruh dunia pada tanggal 1-4 Juni 2014.

“Kota Tangerang dinilai mempunyai potensi untuk berkembang menjadi bagian dari Kota Megapolitan seperti wilayah-wilayah yang ada di Singapura,” kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Arief mengatakan, sebelumnya ada 500 wali kota diseluruh dunia yang ikut seleksi, dan hasil akhirnya 162 wali kota terpilih dan dalam WCS tersebut. Kota Tangerang mendapatkan beasiswa dari Temasek Foundation Leaders in Governance Programe untuk tiga orang, dengan masing-masing sebesar S$13.500.

Ia pun menambahkan, dalam ajang WCS seluruh Wali Kota yang mewakili negaranya akan diberikan berbagai pelatihan seperti pengalaman Singapura dalam proyek – proyek investasi strategis, reformasi dan tata kelola sektor publik, prioritas investasi infrastruktur, investasi pembiayaan infrastruktur dan kiat sukses Public-Private Partnership (PPP) sebagai model pengembangan proyek infrastruktur.

“Dengan adanya tambahan ilmu ini saya berharap kedepan Kota Tangerang akan menjadi salah satu Kota Megapolitan yang tidak hanya ramah lingkungan tapi juga nyaman bagi masyarakatnya,” ucapnya lagi.

Apalagi saat ini kata Arief, Pemkot Tangerang tengah merintis pengembangan konsep pembangunan yang ramah lingkungan dan juga pengembangan budaya hidup bersih dengan melibatkan peran sekolah melalui program “Tangerang Jempol” yang di-launching beberapa waktu lalu.

Selain itu, melalui forum WCS Pemkot Tangerang berharap dapat membuka jaringan kerjasama  dengan banyak perwakilan tingkat tinggi kota didunia.

“Dengan akses yang luas kita dapat sharing ilmu dan inovasi dari masing-masing kota, dengan demikian bila ada suatu kendala kita bisa mendapatkan alternatif solusi yang baik di bidang perencanaan kota, manfaatnya sangat banyak untuk pembangunan,” tegasnya.

Sebelum Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah juga pernah mendapatkan kesempatan menghadiri undangan dari Temasek Foundation Leaders in Urban Governance Programme pada tanggal 26 – 30 Mei lalu.

Selain Kota Tangerang, beberapa daerah yang juga akan mengikuti kegiatan serupa dari Indonesia adalah Batam, Jambi, Kota Bandung, Bintan, Sumatera Selatan, Makasar dan Yogyakarta. (KT/oz)