Kota Tangerang Terima Sertifikat Penghargaan Eliminasi Malaria

By: Rabu, 14 Mei 2014

Pemerintah Kota Tangerang mendapatkan sertifikat penghargaan eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dari Pelaksana Tugas Gubernur Provinsi Banten Rano Karno.

“Keberhasilan ini tentunya merupakan komitmen Pemkot di bidang kesehatan untuk membangun kesehatan masyarakat” kata Sachrudin ditemui usai menghadiri Acara Hari Kesehatan Dunia Tingkat Provinsi Tahun 2014 Bertempat di Kantor Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Jl Syekh Nawawi Serang, Banten, Selasa.

Sachrudin menjelaskan penghargaan ini diterima Pemkot Tangerang karena dinilai berhasil dalam membebaskan masyarakat kota Tangerang dari penyakit malaria.

ia mengatakan upaya nyata yang telah dilakukan Pemkot Tangerang yakni dengan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan membangun kesadaran terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Sachrudin juga menuturkan Pemkot Tangerang telah mengoptimalkan peran Puskesmas dan Posyandu sebagai wadah dalam memberikan pelayanan kesehatan serta media edukasi dan informasi kesehatan masyarakat.

Maka itu, Pemkot Tangerang akan terus melengkapi berbagai sarana yang ada di Puskesmas dan juga mengoptimalkan peran posyandu.

Selain Kota Tangerang, sertifikat juga diberikan kepada Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang.

Plt Gubernur Banten Rano Karno memberikan apresiasi terhadap komitmen Kepala Daerah Kabupaten dan Kota atas keberhasilannya dalam membebaskan wilayahnya dari penyakit Malaria.

Pemberian sertifikat ini didasarkan penilaian dan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Gubernur juga meminta kepada bupati dan wali kota untuk selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai bahaya penyakit Malaria.

“Saya berharap dengan komitmen bupati dan wali kota, Provinsi Banten dapat terbebas dari Malaria,” ujarnya. (KT/ant)