Connect with us

Sebanyak 35 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Setu, Tangsel pada Kamis, 14 Juli 2016.

Selain dilantik, seluruh anggota PPK juga diambil sumpah dan diberikan pembekalan oleh KPU Tangsel. Setelah dilantik, ini artinya salah satu tahapan dalam menghadapi Pemilukada telah dilaksanakan. Tentunya diharapkan seluruh tahapan-tahapan berikutnya dapat dilaksanakan dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengucapkan selamat kepada yang dilantik. Semoga diberikan kemudahan, kelancaran, dan juga keberkahan dalam melaksanakan tugasnya. “Setiap jabatan atau tugas adalah amanah, dan setiap amanah akan mengandung konsekuensi pertanggungjawaban. Tugas selaku PPK adalah tugas yang sangat strategis dan tidak mudah,” ungkap Walikota Airin.

Advertisement

Strategis dalam arti PPK berperan sangat penting dalam penyelenggaraan pesta demokrasi terutama dalam hal kesuksesan dan kelancaran setiap tahapan pemilukada yang ada di tingkat kecamatan.

“Kita semua memahami bahwa pemilukada merupakan sebuah agenda yang sangat penting. Pemilukada menentukan kesinambungan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah,” papar Walikota Airin.

Menurut Walikota Airin, PPK harus benar-benar kapabel dalam menjalankan tugasnya dan mampu menjaga dirinya agar mampu benar-benar netral, tanpa dapat terpengaruh oleh pihak manapun.

“Namun demikian, saya yakin dan percaya seluruh anggota PPK yang hari ini diambil sumpahnya akan dapat menjalankan amanah dan tugas ini dengan baik,” pungkasnya.

Advertisement

Walikota Airin juga menyampaikan bahwa jajaran pemerintah kota senantiasa siap untuk menjalin kerjasama, sinergi dan komunikasi dengan seluruh lembaga yang terkait dengan pelaksanaan pemilukada .

“Kami memandang, secara hakikat, tugas untuk menciptakan kelancaran dan keberhasilan pemilukada adalah tugas bersama kita semua melalui kerjasama, sinergi, dan komunikasi yang baik antar elemen yang ada di kota Tangsel,” jelas Walikota Airin.

Menurutnya, hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir dan kondusifitas dapat  dijaga, sehingga pemilukada yang aman, tertib, dan lancar dapat terwujud.

Sementara, Ketua KPU Tangsel Muhamad Subhan mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah serta pembacaan integritas tersebut menjadi kebanggaannya selaku penyelenggara.

Advertisement

“Di Kota Tangsel terdapat 52 orang yang mendaftar, hasil seleksi sebanyak 35 orang yang menjadi anggota PPK. Kita akan fasilitasi kebutuhan PPK, sesuai yang diatur dengan perundangan berlaku,” jelas Subhan.

Dalam pelantikan, dirinya mengajak kepada semua pihak seluruh stakeholder untuk bahu membahu mensukseskan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

“Mudah-mudahan kita bisa bersinergi dan bersilaturahmi membuat yang terbaik untuk Tangsel, Provinsi Banten dan umumnya Indonesia,” ungkapnya.

Saat ini, tahapan yang sedang berjalan dan berproses adalah seleksi panitia pemungutan suara di tingkat kelurahan. Namun, Ini belum semua masuk ke KPU Tangsel. (ts/fid)

Advertisement

Populer