KUA Ciputat Timur Tangsel Kembali Adakan Suscatin

By on Kamis, 7 November 2019
KUA Ciputat Timur Tangsel Kembali Adakan Suscatin

CIPTIM (Kabartangsel.com) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ciputat Timur pada Kamis (07/11/2019) kembali mengadakan Bimbingan Perkawinan bagi calon pengantin atau dikenal dengan sebutan Suscatin (Kursus Calon Pengantin), diikuti oleh 21 pasangan calon pengantin.

Suscatin adalah pemberian bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam waktu singkat kepada catin tentang kehidupan rumah tangga/keluarga. Sejak tahun 2010, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam telah menerbitkan Peraturan Dirjen tentang Kursus Calon Pengantin nomor : DJ.II/491 Tahun 2009 tanggal 10 Desember 2009.

Bertindak sebagai Narasumber, KH. Nasuha Abu Bakar, Ahmadi, Taher Iswahyudi, dan Hasan Asari Ora Mahi.

Salah seorang Narasumber, KH. Nasuha Abu Bakar, menuturkan kegiatan Suscatin ini bertujuan dalam rangka meminimalisir tingginya angka perselisihan, perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga.

“Tentu salah satunya disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan pemahaman calon pengantin tentang kehidupan rumah tangga atau keluarga,” tuturnya.

Suscatin juga dilaksanakan untuk memberi pengetahuan kepada calon pengantin dalam mewujudkan kehidupan keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah. (Kemenag Tangsel)