Connect with us

Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) Fakultas Ekonomi, Prodi Manajemen mengajak siswa khususnya pengurus OSIS di SMK Pustek Serpong, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengelola organisasi dengan manajemen yang baik.

Kegiatan diskusi yang merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertajuk “Pembentukan Jiwa Kepemimpinan yang Profesional dan Bertanggungjawab dalam Berorganisasi pada SMK Pustek.”

Para mahasiswa menggelar diskusi seputar bagaimana membangun komunikasi dan membagi tugas yang baik di dalam organisasi, sehingga diharapkan roda organisasi OSIS berjalan dengan baik. Pada kesempatan itu juga disinggung mengenai konsep-konsep dasar kepemimpinan.

Advertisement

“Kita berdiskusi mengenai seputar organisasi, tata kelola, komunikasi, termasuk soal kepemimpinan,” kata Diani Annisa Muhtar, Ketua Kelompok PKM, Selasa (30/3).

Selain itu, lanjut dia, para siswa juga diberikan pengetahuan seputar bagaimana organisasi, khususnya OSIS punya peran dalam rekayasa sosial. Maksudnya disini adalah, bahwa organisasi tidak sebatas memberikan dampak secara internal, tetapi juga eksternal.

Selain menanamkan rasa kepemimpinan secara personal, jiwa-jiwa profesional yang diberikan kepada para siswa akan menjadi bekal dan pengalaman saat bertarung dengan lingkungan di luar organisasi, tambah Diani.

Pada kesempatan itu, Diani juga menyampaikan tentang bagaimana mengelola organisasi di tengah tantangan era digital. Mengingat di era tersebut, sudah sepatutnya para siswa memverifikasi atas informasi yang diterima. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari informasi palsu (hoaks) sehingga dalam mengambil keputusan organisasi, berbasis pada informasi yang valid.

Advertisement

“Di era digital seperti sekarang, kita semua terlalu banyak menerima informasi. Sampai-sampai kita tidak bisa membedakan lagi mana informasi yang benar dan informasi salah. Dalam organisasi, informasi yang masuk harus diverifikasi agar tidak salah dalam mengambil keputusan,” tandas Diani.

Dalam kesempatan PKM tersebut dihadiri setidaknya 20 siswa pengurus OSIS SMK Pustek, Kepala SMK Pustek yang diwakili oleh Indrawan al Fadhillah, mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen, Diani Annisa Muhtar (Ketua Kelompok), Neni Apriani, Sita Mawaddah, Siti Aisah Rima Yuliana, dan Sri Hastuti dan dosen pendamping Sonny.

Selain diskusi, kegiatan juga diisi dengan sesi tanya jawab dan penyerahan cinderamata kepada pengurus OSIS SMK Pustek yang diwakili oleh Ketua OSIS SMK Pustek Awaluna Raditya Sanjaya. (red/fid)

Advertisement

Populer