Mengenal Lebih Jauh Tentang VGA Card yang Ada di Komputer

By on Kamis, 6 Desember 2018

VGA Card atau yang juga kerap disebutnya sebagai video card atau graphic card, display adapter, graphic adapter ataupun juga bisa disebut sebagai kartu grafis adalah salah satu bagian yang sangat penting di dalam komputer. VGA Card komputer terbaru bisa dengan mudah dibeli di toko komputer ataupun yang paling mudah membelinya secara online, salah satunya di Bukalapak yang merupakan marketplace terkemuka di Indonesia.

VGA Card menjadi komponen yang penting dalam sebuah komputer lantaran perannya yang sebagai penyaji kualitas grafik. Jelas hal tersebut begitu penting dalam operasional komputer. Apalagi untuk Anda yang merupakan gamer, komputer dengan kualitas VGA Card terbaik jelas jadi yang sangat dicari. Tidak hanya para gamer saja, mereka-mereka yang bergelut di dunia multimedia seperti kebutuhan editing video ataupun gambar dan fotografi, komputer maupun laptop dengan bekalan VGA Card berkualitas tinggi merupakan sebuah keharusan.

Secara garis besarnya, VGA Card dapat diartikan sebagai perangkat keras atau hardware pada komputer yang perannya adalah memproses informasi grafis di komputer sehingga layar komputer maupun TV dan proyektor dapat menampilkan gambar ataupun video. Kian kemari VGA Card komputer terbaru terus berkembang tingkat kualitasnya. Hal ini pastinya juga diiringi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang juga terus berkembag pesat.

Tanpa adanya VGA Card, tidak mungkin layar komputer ataupun laptop memunculkan sebuah tampilan. Umumnya sebuah komputer mempunyai VGA card yang sudah tertanam di dalam CPU atau motherboard. VGA card yang sudah tertanam pada CPU disebutnya sebagai accelerated processing unit atau APUs dan sedangkan untuk VGA Card yang tertanam pada motherboard umumnya disebut sebagai on board video.

Ada kelebihan memilih VGA card yang sudah tertanam di dalam CPU ataupun motherboard. Kelebihannya adalah hemat biaya lantaran Anda tidak lagi perlu untuk membeli VGA Card komputer terbaru tambahan. Selain itu lebih simple dan juga konsumsi daya yang dibutuhkan cenderung lebih sedikit. VGA Card yang tertanam lebih direkomendasikan untuk pengguna komputer yang memang tidak membutuhkan grafis berkualitas tinggi.

Pada sisi lain, tidak menutup kemungkinan apabila Anda ingin menambahkan VGA Card komputer terbaru dengan performa yang lebih tinggi dibanding VGA Card yang tertanam di CPU atau motherboard komputer Anda. Umumnya setiap komputer sudah menyediakan slot expansion di motherboard untuk pengguna yang memang ingin menambah VGA Card.

VGA Card di Bukalapak.com

Lantas, seperti apa fungsi dari VGA Card pada komputer? Fungsi utama dari sebuah VGA card adalah mengolah informasi grafis di komputer, seperti merender grafis 2 dimensi maupun 3 dimensi, decoding MPEG-2 maupun MPEG4. Tidak sampai disitu saja pastinya, VGA card pun mampu untuk menghubungkan komputer ke perangkat TV maupun ke beberapa monitor sekaligus. VGA card pun mempunyai sound card yang menjadikan hardware ini bisa untuk menghasilkan output sound ke perangkat yang terhubung, contohnya TV.

VGA card saling terhubung dengan CPU, sehingga bisa untuk mengambil data dari CPU dan diproyeksikan pada layar komputer. Begitu juga kerjanya ketiga komputer maupun laptop disambungkan dengan proyektor.

Nah, pentingnya untuk memberikan tambahan VGA Card komputer terbaru memang lebih direkomendasikan untuk pengguna dengan intensitas penggunaan komputer yang tinggi. Seperti untuk bermain game, olah grafis multimedia baik editing video maupun foto dan sejenisnya. Untuk menambahkan VGA card pada komputer, Anda perlu memakai slot expansion yang ada di motherboard. VGA card punya slot yang berbeda-beda, tergantung dari jenis VGA card itu sendiri.

Membeli VGA card yang baru bisa dengan mudah dilakukan secara online. Bukalapak adalah tempat untuk Anda bisa menjumpai penjual VGA card berkualitas. Aneka kelengkapan elektronik pelengkap komputer pun bisa ditemukan pula di Bukalapak. Seperti scanner, mouse, keyboard, printer, monitor, harddisk, bahkan tak terkecuali CPU, laptop dan masih banyak lagi lainnya. (red)