Connect with us

Nasional

Menhan Prabowo Hadiri Penyerahan DIPA Tahun 2022 oleh Presiden Jokowi

Published

on

Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian/Lembaga dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2022 oleh Presiden RI Joko Widodo, Senin (29/11) di Istana Negara, Jakarta.

Kementerian Pertahanan termasuk dalam sembilan K/L yang memenuhi syarat untuk menerima DIPA secara simbolis, di antaranya mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk laporan keuangan dalam tiga tahun terakhir, merepresentasikan bidang prioritas tahun 2022 serta memiliki nilai kinerja pengganggaran yang baik.

DIPA K/L dan Daftar Alokasi TKDD merupakan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang menjadi acuan bagi para menteri, pimpinan lembaga, dan kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Advertisement

Presiden Jokowi dalam arahannya menyampaikan bahwa APBN 2022 akan difokuskan pada enam kebijakan utama. Pertama, melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan.

Kedua, menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat kurang mampu dan rentan. Ketiga, peningkatan SDM yang unggul.

Keempat, melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi. Kelima, penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antardaerah.

Keenam, melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero based budgeting agar belanja lebih efisien.

Advertisement

Populer