Minum Obat dengan Dosis Ganda, Bisa Cepat Sembuh?

By on Rabu, 19 Juni 2019

Supaya cepat sembuh, Anda dianjurkan untuk minum obat. Nah, kadang ada orang yang beranggapan bahwa menambah dosis obat bisa bikin masalah kesehatan cepat hilang. Namun, benarkah jika menggandakan obat bikin cepat sembuh dari penyakit? Apa justru sebaliknya?

Mungkin tanpa sadar Anda menggandakan dosis obat

Menggandakan dosis artinya meningkatkan penggunaan dosis obat. Hal ini biasanya dilakukan saat Anda lupa atau tidak sengaja melewatkan satu dosis penggunaan obat dan waktu untuk mengonsumsi dosis obat berikutnya sudah dekat, sehingga Anda berasumsi bahwa dosis obat yang terlewat dapat digantikan dengan cara menggandakan dosis.

Tidak hanya itu, dosis ganda juga bisa ditemukan saat Anda mengonsumsi dua obat dengan merk berbeda tapi kandungan yang sama dalam satu waktu, hal ini menandakan bahwa Anda mungkin tanpa sadar sedang menggandakan dosis pemakaian obat.

Namun, ada asumsi yang menyatakan bahwa penggunaan dosis ganda dapat mempercepat proses penyembuhan. Apa benar?

Menambahkan dosis bikin cepat sembuh, benarkah?

Tidak ada bukti atau pernyataan yang jelas menyatakan bahwa penggunaan dosis ganda pada obat dapat mempercepat proses penyembuhan seseorang dari penyakit.

Sayangnya, alih-alih mempercepat penyembuhan, dosis ganda justru dapat berakibat fatal pada kesehatan, khususnya jika pada kemasan obat ada larangan untuk menggandakan dosis.

Terlebih lagi, menurut sebuah penelitian, kebanyakan masyarakat yang memahami penggunaan obat-obatan yang dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter, menganggap bahwa obat-obatan yang dibeli di apotek tidak memiliki efek samping atau risiko yang serius.

Hal ini memicu banyak orang untuk membeli obat dan mengonsumsinya tanpa benar-benar memperhatikan aturannya. Padahal, sebaik-baiknya penggunaan obat adalah dengan berkonsultasi kepada dokter atau apoteker terlebih dahulu jika ada kondisi yang memaksa Anda untuk mengonsumsi dosis ganda.

Salah satu risiko yang mungkin terjadi saat menggandakan dosis obat adalah kerusakan hati. Hal ini disebabkan ada beberapa jenis obat yang dapat meningkatkan enzim pada hati dan berujung pada kerusakan hati.

Akibat fatal lain dari penggunaan dosis ganda adalah overdosis. Saat overdosis, tubuh akan menunjukkan gejala-gejala tertentu yang sering kali bertentangan dengan saat Anda sedang dalam kondisi sehat.

Jika overdosis sudah parah, sebaiknya pergilah ke Unit Gawat Darurat di rumah sakit dan dapatkan pertolongan dari ahli medis. Sebab, jika dibiarkan tanpa perawatan dari dokter, overdosis dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Oleh karenanya, disengaja ataupun tidak, penggunaan dosis ganda tidak disarankan, kecuali jika dokter menyarankannya.

Prosedur penggunaan obat yang benar

Daripada menentukan metode atau prosedur penggunaan obat sesuai keinginan Anda, yang belum tentu benar, sebaiknya ikuti anjuran dokter atau aturan yang tertera pada kemasan obat. Selain itu, ikuti prosedur penggunaan obat secara umum, yang tepat:

  • Baca aturan penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat. Biasanya akan ada juga penjelasan seperti fakta obat dan tujuan penggunaan obat pada kemasan.
  • Pastikan Anda telah memastikan apa saja zat aktif yang terdapat pada obat dan aturan dosis yang digunakan dalam satu kali pemakaian obat. Hindari memberikan dosis ganja jika tidak diinstruksikan.
  • Setiap kali ada hal yang membingungkan dari instruksi penggunaan obat yang terdapat pada label, tanyakan kepada dokter atau apoteker. Jangan mengambil kesimpulan sendiri.
  • Minumlah satu dosis saja dari satu jenis obat jika Anda hendak mengonsumsi dua obat dari merek yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Jika memaksakan untuk menggunakan dosis ganda, dapat memicu overdosis.
  • Ikuti dosis yang direkomendasikan oleh dokter dan ingatlah selalu semua jenis obat yang telah Anda minum. Hal ini adalah cara lain untuk menghindari penggunaan dosis ganda.

Kabartangsel.com

Source