Connect with us

Rohani

Mulianya Hari Arafah

Published

on

Arafah

Oleh: Rahmat Hidayat

Nabi bersabda,

ما من يوم أكثر أن يعتق الله فيه عبيداً من النار من يوم عرفة، إنه ليدني، ثم يباهي بهم الملائكة، فيقول: ما أراد هؤلاء

Advertisement

Tidak ada hari, yang mana di hari itu Allah banyak membebaskan hambaNya dari api neraka melebihi hari Arafah. Dia akan mendekat, kemudian Dia akan membangga-banggakan mereka di hadapan para Malaikat: ‘Apa yang mereka inginkan?’ (H.R Muslim)

Bagi jemaah haji, hari arafah adalah hari yang sangat syahdu. Di hari mulia ini, dengan pakaian yang lusuh, tubuh yang kumuh, mereka berdiam diri di sebuah tempat yang penuh dengan pasir dan debu, padang Arafah. Dengan mengadahkan tangan ke langit, dengan air mata yang bercucuran, dengan hati yang khusyu’ mereka menyeru, “Ya Rabb….”,

Apa yang Allah katakan tentang mereka?

Sambil membanggakan mereka di hadapan para malaikatNya, Allah berfirman, “Lihatlah hamba-hambaKu! Mereka mendatangiKu dalam keadaan lusuh, datang dari segenap penjuru yang jauh. Mereka datang mengharapkan rahmat dari Ku, takut akan azab Ku, padahal mereka belum pernah melihat Ku. Lalu bagaimana (keadaan mereka) jika seandainya mereka melihat Ku?” (H.R Abdurrazzaq)

Advertisement

Duhai, betapa beruntungnya mereka yang diberi kesempatan wuquf di padang Arafah.

Namun jangan berkecil hati, kemuliaan hari Arafah juga Allah berikan kepada mereka yang tidak sedang berhaji. Dengan cara apa?

Berpuasa dan memperbanyak do’a.

Nabi bersabda, “Puasa pada hari Arafah, aku berharap kepada Allah dengannya dihapuskan dosa setahun yang berlalu, dan setahun yang akan datang.” (H.R Muslim)

Advertisement

Lalu, bagaimana dengan doa? Apakah doa mustajab pada hari Arafah hanya khusus bagi jemaah haji, atau yang tidak sedang berhaji juga berhak mendapatkan kemuliaannya?

Nabi bersabda, “Sebaik baik doa adalah doa pada hari Arafah.” (H.R Malik)

Tidak sedikit dari para ulama yang mengatakan bahwa keutamaan hadits ini umum, baik untuk orang yang sedang berhaji maupun tidak, hanya saja jemaah haji pada saat itu mendapatkan dua keutamaan, keutamaan tempat, dan keutamaan waktu.

Ya Allah, jangan haramkan kami dari mendapatkan kebaikan hari arafah. Ingat, besok Senin tanggal 19 Juli 2021 adalah hari Arafah, jangan lalai.

Advertisement

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer