Pelajar Tangsel Diajak Ikuti Seleksi Paskibraka

By on Kamis, 21 Februari 2019

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Sosialisasi Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Ruang Blandongan, Balaikota Tangsel, Ciputat pada Rabu (20/2/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Batalyon Kavaleri 9/SDK Serpong, perwakilan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) serta perwakilan masing-masing SMA/SMK/MA yang ada di Tangsel ini, dalam rangka persiapan pengibaran sang saka merah putih pada Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

“Semoga keinginan tahun ini, agar ada perwakilan Kota Tangsel yang menjadi Paskibraka di tingkat nasional dapat terpenuhi. Sehingga dapat membanggakan orangtua, sekolah, pembina dan Kota Tangsel,” ujar Kepala Dispora Kota Tangsel, E. Wiwi Martawijaya.

Menurutnya, sosialisasi ini adalah tahapan awal dari rangkaian-rangkaian lainnya. Seperti Seleksi, Pembekalan Capaska, Persiapan Latihan Capaska, Pemusatan Latihan Capaska, Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih, Penghargaan Paskibraka dan Pengembangan Wawasan Nusantara.

“Paskibraka adalah salah satu upaya dalam mendidik kedisiplinan dan perolehan pengalaman bagi generasi muda. Selain itu, kerjasama dengan Yonkav untuk instrukturnya dan PPI sebagai pendampingan sesuai dengan pengalaman,” bebernya.

Pihaknya juga berharap, agar dibukakan ruang dan kesempatan foto bersama orang tua usai pelantikan Paskibraka.

“Saya rasa aturan tersebut tidak masalah. Hal-hal kecil seperti inilah menurut saya sensitif. Terlebih kesempatan tersebut adalah kebanggan juga bagi orangtua,” imbuhnya.

Sementara Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Tangsel, Endang mengutarakan hal yang sama. Menurutnya, sosialisasi ini mengajak insan pendidik untuk mensukseskan seleksi ini.

“Tanpa dukungan para guru, kita tidak dapat menyambut HUT RI dengan baik. Nantinya, capaska akan mendapatkan gemblengan dari para pelatih dan PPI untuk meningkatkan kesiapan fisik,” lanjut Endang. (plp)