PMI Tangsel Miliki Fasilitas Baru

By on Kamis, 21 Februari 2019

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang berlokasi di Jalan Cendekia Kelurahan Ciater, Serpong, kini memiliki gedung baru berwarna merah putih dengan fasilitas yang nyaman bagi para pendonor. Anggrek sebagai ciri khas Tangsel pun menambah suasana lebih enak dipandang.

Terlebih untuk menghilangkan rasa cemasnya, pendonor dapat menyaksikan tontonan film yang disuguhkan oleh tim Unit Donor Darah PMI Kota Tangsel.

Dari sistem alatnya pun, cukup canggih. Kantung darah diletakan pada sebuah alat timbangan elektronik, jika sudah sesuai takaran proses donor bisa langsung dihentikan proses donor.

Kemudian, terdapat ruangan yang dibentuk serta di desain kekinian. Dimana, setelah pendonor melakukan donor bisa menikmati hidangan bubur kacang hijau atau camilan berupa susu maupun snack.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan ada dua cara untuk memenuhi target 3.000 kantong darah di tahun ini yakni, statis dan mobile unit.

“Untuk yang statis itu masyarakat yang datang langsung, tapi kalo mobile unit dengan cara jemput bola. Tapi, sejak mengalami renovasi gedung para pendonor yang datang bisa mencapai 25-40 orang perhari untuk melakukan donor darah, ini sangat positif,” ujar Suhara.

“Di tahun sebelumnya kami mencapai 1.500 kantong darah, tahun ini kami menaikan menjadi 3.000 darah. Cara statis ini saya lihat sebulan bisa 300 kantong, sekarang mulai meningkat jadi 600-700. Maka dari itu, yang statis ini kami benahi kenyamanan, informatifnya, profesional kerjanya agar masyarakat bisa nyaman datang untuk mendonor,” sambungnya.

Dengan jam operasional donor darah yang dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB, Suhara mengaku optimis masyarakat yang datang langsung ke kantor PMI Kota Tangsel untuk mendonor dapat memenuhi target 3.000 kantong darah.

“Biasanya yang datang itu orang yang sibuk bekerja, ada yang sekalian berangkat kerja. Malah, malam juga suka datang. Saya optimis, 3.000 kantong darah bisa terpenuhi, masyarakat dan instansi sudah banyak yang tertarik untuk datang,” tuturnya.

Nantinya, demi menambah kenyamanan bagi masyarakat yang datang untuk mendonor, akan dibuatkan taman serta peralatan bermain untuk anak bermain. (plp)