Pelantikan Pengurus LPTQ Tangsel Periode 2019-2024

By on Kamis, 18 April 2019
Pelantikan Pengurus LPTQ Tangsel Periode 2019-2024

SERUT (Kabartangsel.com) – Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an (LPTQ) Tangsel resmi dilantik oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmy Diany, pada Senin (15/04/2019) bertempat di hotel Marlyn, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Acara pelantikan dihadiri oleh Sekda Tangsel sekaligus Ketua umum LPTQ Tangsel, Muhamad, Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, Ketua Harian LPTQ Tangsel, Muhammad Sobron Zayyan, Sekretaris LPTQ Banten, Ahmad Tholabi Kharlie, dan para pengurus LPTQ Tangsel. Acara tersebut sekaligus diisi dengan Koordinasi dan Sinkronisasi Program atau Rapat Kerja LPTQ Tangsel.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, yang hadir sekaligus menjadi Narasumber mengatakan keberadaan LPTQ sudah memiliki payung hukum yang kuat, yaitu Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 182A Tahun 1988 dan Nomor 48 Tahun 1988 tentang Pengembangan Organisasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an.

“Keberadaan LPTQ juga diperkuat oleh dan Keputusan Menteri Agama Nomor 240 Tahun 1989 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran. Dengan regulasi dan aturan ini, maka keberadaan LPTQ sangat kuat,” jelasnya.

Kepala Kantor juga menyampaikan bahwa sesuai dengan SKB, tugas LPTQ antara lain meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Al-Qur`an, menyelenggarakan MTQ, melaksanakan penelitian dan pengembangan Al-Qur`an, dan menyelenggarakan pembinaan tilawah, tahfidz, tafsir, syarhil, fahmil dan isi kandungan Al-Qur`an.

Sementara itu, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, usai melantik mengucapkan selamat dan sukses bagi pengurus yang dilantik.

“Pelantikan hakekatnya merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Saya berharap para pengurus baru dapat membuat program kerja yang efektif dan bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Airin juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus lama yang telah memberikan prestasi yang luar biasa, yaitu membawa Tangsel menjadi juara umum lima kali berturut-turut pada MTQ tingkat Provinsi Banten.

“LPTQ dibentuk tujuannya bukannya mencari kemenangan, melainkan membumikan Al-Qur`an di kota Tangsel. Tugas LPTQ adalah menjadikan masyarakat Tangsel tidak hanya bisa membaca Al-Qur`an, namun juga mengerti, memahami, dan selanjutnya mengamalkan isi kandungan Al-Qur`an,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Harian LPTQ Tangsel, Muhammad Sobron Zayyan, mewakili rekan-rekan pengurus baru memohon arahan, bimbingan, dan motivasi agar LPTQ di Tangsel berjalan dengan baik dan dapat menjadikan masyarakat Tangsel yang Qur`ani.

“Saya mewakili rekan pengurus yang baru saja dilantik mengucapkan terima kasih kepada ibu Walikota, di tengah kesibukannya beliau bisa hadir dan melantik kami pengurus LPTQ 2019-2024,” ungkapnya.

Dirinya mengajak kepada semua ketua bidang yang baru untuk membangun kekompakan agar dapat membuat program-program yang berkualitas.

“Tahun depan kita ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ XVII tingkat Provinsi Banten. Mari kita jalin kekompakan untuk menjadi tuan rumah yang baik, dan tentunya bisa mempertahankan juara umum untuk enam kalinya berturut-turut,” tandasnya.

Ketua Panitia, Muhammad Siddiq, menjelaskan kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi program serta Pelantikan Pengurus LPTQ Tangsel ini diikuti oleh 120 orang peserta. (Kemenag Tangsel)