Pembangunan Perumahan Serpong Lagoon Sebabkan Banjir, Warga Ngadu ke Airin

By: Kamis, 12 Juni 2014

Sering kebanjiran, puluhan warga perumahan Citra Prima II, kelurahan Keranggan Kecamatan Setu, geruduk Kantor Walikota Tangsel di Pamulang, Rabu (11/6). Mereka langsung menemui Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, untuk menyampaikan sendiri surat keluhannya.

Karena pada hari yang bertepatan dengan jadwal open house Walikota Tangsel maka keluhan warga yang sering kebanjiran hingga setinggi 1.5 meter itu, bisa diterima dan di dengar langsung oleh Airin.

Samuel (40) perwakilan warga Citra Prima II mengatakan, warga menuding pembangunan perumahan Serpong Lagoon, menjadi penyebab kebanjiran di perumahan mereka. “Bukan hanya kalau hujan besar saja kami kebanjiran, tiap hujan pun kami selalu terandam. Bayangkan, 2014 belum berakhir saja, kami sudah 7 sampai 8 kali kebanjiran,” tutur Samuel.

Menurut sebelum berdirinya Serpong Lagoon, perumahan Citra Prima II yang menjadi tempat tinggalnya, belum pernah sama sekali terjadi genangan, apalagi kebanjiran sampai setinggi 1.5 meter. Kondisi terparah, dialami blok H yang ditinggali 22 rumah dengan 17 KK. “Makanya, kami mengadukan kondisi ini ke Pemkot,” katanya.

Menurut Samuel, dalam kesempatan tersebut warga menyampaikan tuntutannya berupa pembangunan tandon, pelebaran drainase, amdal, serta ganti rugi akibat banjir ke pengembang Serpong Lagoon karena pada awal pembangunan dan pengembangan perumahan Serpong Lagoon, warga Citra Prima II merasa sama sekali tidak dilibatkan. “Penyebab banjir yang dialami komplek perumahan tersebut, lantaran tidak adanya penampungan air dari Kali Cisalak, yang berdekatan dengan rumah warga,” papar Samuel.

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) kota Tangsel Dadang Sofyan, mengaku belum mengeluarkan izin atas pembangunan Serpong Lagoon.”Kita minta untuk bangun penampungan air/lagoon terlebih dahulu,” katanya. (kt/sn)