Connect with us

Serpong

Pemilihan Ketua OSIS SMK Plus BLM Gunakan Aplikasi E-Voting Milik KPU Tangsel

Anggota KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Ade Wahyu Hidayat menghadiri acara Pemilihan Ketua Osis SMK Plus Berkualitas Lengkong Mandiri Tangsel (BLM), dengan menggunakan Aplikasi e-Voting KPU Tangsel, Senin (23/5/22).

SMK Plus berkualitas Lengkong Mandiri (BLM) adalah sekolah yang pertamakali menggunakan aplikasi e-voting KPU Tangsel sejak di resmikan pada akhir bulan desember 2021 lalu.

Pemilihan ketua osis menggunakan e-voting ini sangat efektif dan efisien, Dari sisi pelaksanaannya lebih simple. Panitia tidak perlu mencetak surat suara dan menyediakan kebutuhan TPS lainnya seperti tinta, paku dan busa untuk melakukan pencoblosan.

Advertisement

Panitia,  hanya menyediakan monitor komputer untuk digunakan pemilih dalam melakukan pemilihan. Artinya, pemilih hanya melakukan pemilihan di layar komputer serta tidak harus mencoblos surat suara.

Pemilihan menggunakan aplikasi ini  merupakan suatu hal yang baik dan perlu di contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk menggunakan aplikasi e-Voting dalam melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua Osis baik tingkat SMK/SMA maupun SMP.

selain lebih simpel dari sisi pelaksanaannya, kegiatan itu juga mendorong partisipasi siswa dalam mengikuti pesta demokrasi dilingkungan sekolahnya. Dengan begitu, akan berdampak baik kepada siswa ketika terjun dalam dunia kepemiluan yang sebenarnya.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS sepertinya bagi KPU sebagai momen untuk melakukan pendidikan pemilih bagi siswa. Kami berharap ketika siswa sudah berada ditengah-tengah masyarakat, para siswa ini dapat berpartisipasi dalam tahapan. (red/fid)

Advertisement

Populer