Connect with us

TANGERANG – Pemkot Tangerang meraih penghargaan dari Bank Indonesia Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten atas pemanfaatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP).

Penghargaan ini diraih berdasarkan hasil perhitungan Indeks Capaian Elektronifikasi (ICE) yang dilakukan oleh Bank Indonesia, dimana Kota Tangerang mendapatkan nilai 3,92 yang juga merupakan nilai tertinggi diantara kabupaten/kota lain se-Provinsi Banten.

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menuturkan penghargaan ini menjadi pemicu bagi Pemkot dalam optimalisasi pemanfaatan transaksi digital di setiap lini untuk mendukung transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Advertisement

“Pemkot akan lebih meningkatkan konsistensi dan kesiapan SDM agar bisa berjalan dengan baik dan memberi hasil maksimal,” katanya, Jumat, (4/11/2020).

Arief menerangkan Indeks Capaian Elektronifikasi (ICE) diukur berdasarkan jumlah jenis belanja yang dilakukan secara non tunai yang meliputi jenis pendapatan baik pajak dan retribusi yang diterima secara non tunai, jumlah ragam kanal pembayaran yang digunakan serta pengelolaan keuangan daerah.

“Tentunya ke depan Pemkot Tangerang akan meningkatkan ICE dan perluasan elektronifikasi transaksi pemerintah,” terangnya.

Selain itu, lanjut Arief, Pemkot Tangerang juga akan segera membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) demi mendukung program digitalisasi yang diusung oleh Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah se-Provinsi mulai Januari 2021.

Advertisement

“Jadi nantinya akan terintegrasi antara Pemda dan Pemerintah Pusat,” tukas Arief. (KEY/WT)

Populer