Connect with us

Pemerintahan

Penanganan Sampah di Tangsel, TPA Cipeucang Bakal Diolah dengan Teknologi Tinggi Hingga Dorong Bangun TPA Regional di Lebak

Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan terus berikhtiar dan bekerja keras memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan komitmen untuk mewujudkan Tangsel Lestari, antara lain dengan penanganan masalah sampah. Wali Kota menerangkan pihaknya telah bekerjasama dengan Kota Serang untuk menangani sampah di wilayahnya. Hal ini dilakukan lantaran Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Tangsel di Cipeucang sudah kelebihan volume.

Tak hanya itu, Benyamin juga mengusulkan kepada Provinsi Banten untuk membuat TPA Regional, yang lokasinya bisa di Kabupaten Lebak

“Makannya kita kita usulkan untuk membuat TPA Regional, Provinsi sendiri sudah menetapkan lokasinya di Kabupaten Lebak, tinggal teknisnya nanti mau seperti apa,” ujarnya kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Tangsel, Setu, Senin (3/10/2022).

Benyamin menjelaskan, Pemkot Tangsel siap jika disuruh membeli tanah di Kabupaten Lebak sepanjang pemprov telah menyiapkan payung hukum,” ujarnya.

Advertisement

Selain TPA Regional, Benyamin menjelaskan, pada era Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, pihaknya pernah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terkait pembuangan sampah. Menurutnya, di era kepemimpinan Airin-Benyamin sebelumnya, upaya kerja sama dengan Pemprov Jawa Barat untuk membuang sampah di Nambo, Cibinong juga telah dirintis,” tutupnya.

Selain itu pemkot Tangsel juga tengah menyiapkan pengolahan sampah Cipeucang dengan menggunakan teknologi tinggi. Pihaknya tengah dalam penjajakan menjalin kerjasama dengan beberapa investor yang menjanjikan penggunaan teknologi tinggi.

Benyamin menjelaskan, investor yang menjanjikan teknologi tinggi untuk pengelolaan dan penanganan sampah di Cipeucang cukup beragam selain juga tengah disiapkan pengadaan alat pengolahan dan pemusnahan sampah yang modern.

“Kita punya Intermediate Treatment Facility, ini kita alokasikan pengadaan peralatannya dan bekerjasama dengan pihak ketiga,” pungkasnya. (Adv)

Advertisement

Populer