Connect with us

Banten

Peresmian Tugu Pamulang

Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) meresmikan Tugu Pamulang di Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (8/01/2022) lalu.

 

Hadir pula, ketua fraksi Partai Gerindra DPRD Banten Agus Supriatna, anggota fraksi Partai Gerindra DPRD Banten Zaid Elhabib, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tangsel Arlan Marzan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Agus Tauchid, Asda II Muhammad Yusuf serta beberapa eselon II lainnya dan jajaran pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan.

Advertisement

 

Dalam sambutannya, Gubernur Wahidin Halim mengatakan awal rencana pembangunan Tugu Pamulang ini merupakan aspirasi masyarakat Kota Tangsel yang meminta untuk dilakukan revitalisasi, mengingat tugu lama kondisinya sudah tidak sesuai peruntukannya.

 

Tidak sampai di situ, partisipasi masyarakat dalam pembangunan Tugu Pamulang ini juga dilakukan pada tahap perencanaan desain bangunan yang melalui proses sayembara terbuka yang melibatkan seluruh masyarakat.

Advertisement

 

“Dan alhamdulillah sekarang sudah terlihat jauh lebih bagus dan indah dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, lebih bersih pula,” ucapnya.

 

Gubernur Wahidin berharap, dengan diresmikannya Tugu Pamulang ini bisa mendatangkan manfaat dan maslahat bagi masyarakat sekitar dari berbagai perspektif dan dimensi.

Advertisement

 

“Makanya saya secara optimal menyerap aspirasi masyarakat yang sudah tertuang di dalam sebuah tugu,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, sebelumnya Tugu Pamulang sempat mendapatkan kritikan keras dari masyarakat sekitar di tahun 2021 karena dianggap tak ubahnya seperti toren air. Namun, setelah sekitar sembilan bulan sejak berpolemik, wajah baru Tugu Pamulang diresmikan

Advertisement

 

Wajah baru Tugu Pamulang itu kini didesain sangat ikonik dan sangat merepresentasikan filosofi provinsi yang telah berusia 21 Tahun.

 

Ornamen khas Banten yakni logo mercusuar menjadi ciri khas dari landmark baru Kota Tangsel. Corak Pelabuhan Karangantu yang berlokasi di Kota Serang menambah kesan legendaris Tugu Pamulang juga dipadukan ornamen perahu dan ombak merepresentasikan kejayaan maritim Kesultanan Banten pada masa lalu. Selain itu, ada motif Tumpal Batik Betawi simbolkan keselarasan kosmik dan spiritual serta diyakini sebagai penolak bala.

Advertisement

Populer