Pergatsi Banten Akan Gelar Kejurnas Gateball di Stadion Benteng

By: Senin, 3 November 2014

Tahukah anda olah raga Gateball. Ya, olah raga yang menggunakan pemukul atau stik yang lebih mirip golf ini, sejak 1995 lalu mulai digandrungi sebagian masyarakat Indonesia.

Untuk lebih memasyarakatkan olah raga ini, Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Provinsi Banten, akan menggelar Kejuaraan nasional (Kejurnas) yang akan digelar di Stadion Benteng, Kota Tangerang,  pada 8-9 November mendatang.  Sebanyak 50 tim dari 15 Provinsi se-Indonesia akan hadir dalam kejuaraan tersebut.

Ketua pelaksana Kejurnas Gateball, Hanan Rahmadi, mengaku, Kejurnas yang baru pertama kalinya digelar di Banten ini langsung disambut baik pengurus Pergatsi di seluruh Indonesia. Dalam Kejurnas inipun akan memperebutkan piala tetap dan piala bergilir.

“Saat ini sudah ada sekitar 50 tim dari 15 Provinsi yang sudah mendaftar dan siap meramaikan Kejurnas yang akan digelar di Stadion Benteng Tangerang.” Ujar Hanan Rahmadi kepada wartawan, Senin (3/11/2014).

Sementara, menurut Ketua Pengprov Pergatsi Banten Teguh wieyana, selain untuk memperingati hari jadi Pergatsi Banten yang kedua, kejurnas ini juga digelar untuk lebih memasyarakatkan olah raga ini di masyarakat. Pasalnya, saat ini baru ada empat pengurus cabang di Banten diantaranya Kota Tangerang,  Tangsel,  Kabupaten Tangerang dan Kota Serang .

“ Kejurnas ini selain bertema Pahlawan, juga digelar untuk memperingati hari jadi Pergatsi Banten yang ke-2.” Ujar Teguh Wieyana

Seperti diketahui, Olah raga gateball ini diciptakan di Hokaido  Jepang  oleh Suzuki Kazunobu pada 1947 silam. Gateball juga terus berkembang dan mulai menyebar ke sejumlah negara dan memiliki kalender kejuaraan dunia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali.  Gateball sendiri masuk ke Indonesia pada 1995 lalu dimulai di Bali yang diperkenalkan oleh seorang turis asal Jepang.

Dan sejak masuknya olah raga gateball ke indonesia pada 1995 silam. Selain menjadi hobi, olah raga yang mengandalkan kekompakan dan strategi tim ini kini juga sudah setara dengan olah raga lainnya. Permainan beregu dengan menggunakan tongkat atau stik mirip palu bergagang panjang berbahan baku alumunium ini, akan saling mengalahkan dengan beradu kepiawaian memukul bola di lapangan berukuran 20 kali 15 meter.  Selain skill,  dalam permainan gateball ini juga dibutuhkan kekompakan serta kepiawaian mengatur strategi untuk mendapat poin terbanyak dalam durasi waktu yang telah ditentukan yakni 30 menit. (nm/kt)