Peringati Hari Anak Nasional, Walikota Tangsel Ajak Semua Komponen Penuhi Hak Anak

By on Selasa, 19 September 2017

Serpong Utara, kabartangsel.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2017 dengan tema “Generasi Tangerang Selatan yang Cerdas dan Berkarakter” di lapangan Yon Arhanud, Serpong Utara, Senin (18/9/2017).

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, mengatakan bahwa peringatan HAN harus dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dalam pengasuhan yang berkualitas, memiliki pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang komperehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air,” kata Airin.

Airin mengajak seluruh komponen untuk berkomitmen dan bertanggung jawab dalam pemenuhan hak-hak anak.

“Saya mengajak seluruh stakeholder, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orang tua untuk berkomitmen dalam pemenuhan hak-hak anak. Mewujudkan anak sebagai generasi penerus yang berkualitas. Mereka adalah kelompok yang perlu disiapkan untuk keberlangsungan bangsa dan Negara,” pesannya.

Di tempat yang sama, Kepala Dindikbud Kota Tangsel Taryono, mengatakan agar seluruh komponen meningkatkan kepedulian untuk menghormati dan menjamin kualitas hidup anak dan perkembangan anak, baik secara fisik, mental, emosional, dan sosial.

“Peringatan HAN hari ini mengajak kita semua untuk terus berupaya meningkatkan kepedulian untuk melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab dalam menjamin kualitas hidup dan tumbuh kembang anak,” ucapnya.

Dirinya berharap setiap anak di Kota Tangsel dapat memaknai peringatan HAN. Selain itu, kata Taryono, pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat lebih peduli pada hak-hak anak.

“Harapan saya, anak-anak di Kota Tagerang Selatan dapat merasakan makna peringatan ini, mendapatkan hak-haknya. Dan, saya juga berharap kita sebagai orang tua untuk lebih peduli akan hak-hak anak,” tuturnya. (fid)