Connect with us

Ciputat Timur

Persami Saka Wira Kartika di Situ Gintung Diikuti Ratusan Pelajar

Komando Resort Militer (Korem) 052/Wijayakrama menggelar perkemahan sabtu minggu (Persami) Saka Wira Kartika di Taman Wisata 3 Situ Gintung, Kecamatan Ciputat Timur – Kota Tangerang Selatan. Melalui kegiatan kepramukaan ini diharapkan bisa menciptakan trend yang menggugah dan mendekatkan anak muda sekaligus dijadikan wahana untuk meningkatkan rasa cinta tanah air.

Kepala Staf Korem 052/Wkr Letkol Arh. Heri Purwanto, dalam sambutan pembukaannya menyatakan, arus globalisasi mengalir begitu cepat, masuk ke dalam kehidupan masyarakat, terutama di kalangan generasi muda. Pengaruh globalisasi terhadap anak muda begitu kuat dan telah membuat anak-anak muda kita semakin kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia.

“Hal ini ditunjukkan dengan adanya gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan sehari-hari anak muda. Banyak anak muda yang tingkah lakunya kurang mengenal sopan santun dan juga tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan,” terangnya dalam sesi acara temu tokoh, Sabtu, 9 November 2013.

Advertisement

Oleh karena itu, terang Heri, diperlukan langkah-langkah untuk antisipasi dampak-dampak negatif pengaruh globalisasi terhadap nilai nasionalisme. Salah satu solusinya adalah dengan menggairahkan kembali kegiatan kepramukaan. Kepanduan pramuka menurutnya mampu membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda sekaligus sebagai tempat menempa keterampilan dan pengetahuan.

“Melalui kegiatan Persami saka wirakartika kali ini, saya berpesan pada adik-adik pramuka agar mampu memupuk patriotisme dan semangat membangun untuk kejayaan negara kita. Jadikan kegiatan ini sebagai sarana belajar dan memperkokoh persaudaraan dan satuan dari kalian sebagai anak bangsa,” terangnya

Heri menambahkan, dalam rangka membantu kinerja program pemerintah meningkatkan pembinaan bagi generasi muda yang berkarakter dan memiliki kepribadian, Jajaran TNI Angkatan Darat berupaya memberikan pembinaan dan pengembangan pendidikan bela negara melalui kepramukaan. Sesungguhnya dalam diri setiap anggota pramuka terdapat mental kepribadian yang sangat baik dan semangat juang yang kuat dalam membangun negara.

“Sedangkan kepada para pembina gerakan saka wirkartika saya berharap agar terus merevitalisasi diri dan mengembangkan inovasi-inovasi diri yang kreatif jangan sampai dengan kegiatan-kegiatan yang cenderung monoton menjauhkan pramuka dari generasi muda karena dianggap tidak trend atau sudah ketinggalan zaman,” terang Heri.

Advertisement

Di tempat sama, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, menyatakan, pramuka telah menjadi gerakan nasional yang tujuannya membangun sikap serta karakter disiplin berjiwa kepemimpinan sesuai dengan bakat minat cita-cita luhur. Melalui organisasi pendidikan nonformal kepanduan ini kader pramuka akan banyak mendapatkan manfaat positif.

“Seperti rasa disiplin, cinta tanah air, pengetahuan, tambah pertemanan serta membentuk sikap dan mental berkarakter sesuai dengan filososi yang terkandung dalam Dasa Dharma pramuka,” kata Walikota Airin.

Menurutnya, kasus kenakalan remaja yang terjadi dan terus berkembang diberbagai wilayah kini semakin mengkhawatirkan. Seperti peredaran dan peyalahgunaan narkoba, prilaku seks bebas, tawuran pelajar dan lain sebagainya. Masa peralihan tumbuh kembang anak saat beranjak remaja paling rentan mudah terpengaruh. Bahkan tak sedikit kasus kenakalan terjadi akibat salah menafsirkan perkembangan zaman yang teknologinya semakin canggih.

Kondisi ini tentunya menjadi tanggungjawab pemerintah, orangtua, tenaga pendidikan dan semua pihak untuk terus bersinergi menekan tindak kenakalan remaja. Kepada ratusan pelajar peserta persami, WalikotaAirin berpesan agar menjauhi tindakan kenakalan tersebut. Yakni dengan cara mampu membentengi diri dan mawas dalam setiap memilih teman pergaulan.

Advertisement

“Pesan Ibu Airin, jika salah memilih teman maka anak-anak akan mudah terbawa dan untuk hal-hal negatif, jangan berdalih dengan sikap setia kawan. Terus rajin beribadah dan belajar agar mampu berprestasi di dunia pendidikan. Sehingga bisa membahagiakan orangtua dan guru,” pesannya.

Kegiatan persami 09-10 November 2013 ini diikuti oleh ratusan pelajar kader penggalang dan penegak Pramuka dari sejumlah gugus depan tingkat SLTA sederajat. Selama kegiatan berlangsung, seluruh peserta persami mendapatkan materi pendidikan dan pembekalan tentang rasa cinta tanah air.

Saat pembukaan turut hadir Komandan Kodim 0506/Tgr Letkol Inf Rudy Hermawan, Komandan Kodim 0503/JB Letkol ARH AR Simanjuntak, Komandan Kodim 0502/JU Letkol Kav Joko Setiawan dan sejumlah perwira TNI AD lainnya.(bpti/kt)

Advertisement

Populer