Rektor UIN Jakarta: Umat Islam Dunia Perlu Teladani Sikap Nabi Muhammad

By: Senin, 2 November 2020

Peringatan atas hari lahirnya Nabi Muhammad SAW semestinya memperkokoh ikhtiar masyarakat Muslim dunia untuk terdepan dalam menegakkan keadilan dan perdamaian dunia. Sikap dan perilaku Nabi Muhammad SAW seperti diceritakan al-Quran, hadits, dan sirah nabawiyah perlu diteladani bagi setiap Muslim dalam pergaulan masyarakat masa kini dan mendatang.

Demikian disampaikan Rektor UIN Jakarta Profesor Amany Lubis saat menyampaikan sambutannya dalam The Annual Multicultural Mawlid Concert 2020 yang digelar Majlis Tinggi Islam Australia, Daar al-Fatwa, Senin (1/11/2020). Selain Profesor Amany, sejumlah cendekiawan Muslim dari berbagai negara juga turut berpartisipasi dalam kegiatan yang digelar secara daring.

“Saya berharap, spirit penyelenggaraan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW bisa mengukuhkan ikhtiar kita dalam menegakkan keadilan dan perdamaian dunia,” tandasnya.

Selain pembawa risalah Islam, jelasnya, Nabi Muhammad merupakan figur dengan akhlak yang sempurna. Ketegasan, keadilan, sikap lemah lembut, penghormatan terhadap yang lain merupakan sedikit dari sikap mulia Nabi yang perlu dicontoh masyarakat Muslim masa kini dan mendatang.

Implementasi sikap-sikap demikian, sambung Profesor Amany, sangat relevan untuk diterapkan dalam kehidupan global yang plural. Jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, Islam dan masyarakat Muslim bisa menjadi contoh bagi masyarakat dunia dalam menciptakan kehidupan dunia yang damai dan harmonis. (uinjkt/red)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *