Rudy Heriyanto Adi Nugroho Jadi Kapolda Banten

By: Rabu, 6 Januari 2021

Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz melantik Kapolda Banten baru, Irjen. Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A. di Gedung Rupatama Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/1) pukul 10.00 WIB. Ia menggantikan Irjen Fiandar. Berdasarkan rilis dari Polda Banten, Irjen Rudy sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri. Kini ia menempati posisi baru sebagai Kapolda Banten. Sementara Irjen Fiandar menempati posisi barunya sabagai Kadivkum Polri. Rudy dan Fiandar tukar tempat.

Upacara serah terima jabatan (sertijab) itu dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Idham. Hadir pada kesempatan itu Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dan para pejabat utama Mabes Polri lainnya. Saat sertijab, Rudy bersumpah akan bekerja jujur, disiplin, bertanggung jawab, cermat, dan semangat untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Diketahui bahwa Rudy mendapat giliran mutasi oleh Kapolri dalam surat telegram Kapolri bernomor ST/3435/XII/KEP/2020 tanggal 10 Desember yang lalu. Selama menjabat menjadi Kadivkum Polri, Rudy juga pernah menjadi sorotan dalam kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Saat itu, pihak dari Novel Baswedan melaporkan Rudy ke Divisi Propam Polri atas dugaan pelanggaran kodek etik profesi, yang diduga telah menghilangkan barang bukti dalam kasus tersebut. Rudy merupakan alumni dari sekolah Perwira Polri pada 1993. Ia lahir di Jakarta tepatnya 17 Maret 1968. Pria yang saat ini berumur 52 tahun ini juga berpengalaman dalam bidang reserse. (te)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *