Sakit Kepala Sebelah Kanan? Mungkin Ini Penyebabnya

By on Jumat, 17 Agustus 2018

Semua orang tentu pernah mengalami sakit kepala. Namun, bagaimana jika sakit kepala hanya di sebElah kanan? Apakah Anda pernah mengalaminya? Sakit kepala sebelah kanan bisa disebabkan oleh berbagai kondisi.

Apa saja penyebab sakit kepala sebelah kanan?

1. Faktor gaya hidup

Sakit kepala paling sering disebabkan oleh faktor-faktor seperti:

  • Stres.
  • kelelahan.
  • Telat makan atau melewatkan waktu makan.
  • Masalah otot leher.
  • Efek samping obat, seperti mengonsumsi obat pereda nyeri dalam jangka yang panjang

2. Infeksi dan alergi

Infeksi sinus dan alergi juga bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Sakit kepala akibat infeksi sinus adalah hasil peradangan, yang menyebabkan tekanan dan rasa sakit di belakang tulang pipi dan dahi Anda.

3. Penggunaan obat sakit kepala yang berlebihan

Penggunaan obat sakit kepala secara berlebihan justru dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Ini adalah gangguan sakit kepala sekunder yang paling umum, dan ini memengaruhi hingga 5 persen pada setiap orang. Obat yang terlalu sering digunakan untuk sakit kepala cenderung menjadi lebih buruk saat Anda bangun.

4. Penyebab neurologis

Occipital neuralgia

Ada dua saraf oksipital di tulang belakang leher bagian atas yang berjalan melalui otot ke kulit kepala Anda. Iritasi pada salah satu saraf ini dapat menyebabkan rasa sakit akibat tekanan atau kesemutan. Seringkali rasa sakit hanya akan berada di satu sisi kepala Anda.

Temporal arteritis

Ini adalah kondisi di mana Anda memiliki arteri yang meradang atau rusak yang memasok darah ke kepala dan otak Anda. Tekanan ini dapat menyebabkan gejala lain seperti gangguan penglihatan, nyeri bahu atau pinggul, nyeri rahang, dan penurunan berat badan.

Trigeminal neuralgia

Ini adalah kondisi kronis yang memengaruhi saraf yang memberikan rasa dari wajah Anda ke otak Anda. Stimulasi sekecil apa pun di wajah Anda bisa memicu sentakan rasa sakit.

5. Penyebab lainnya

Penyebab sakit kepala yang lebih serius yang dapat terjadi hanya pada satu sisi meliputi:

  • Trauma.
  • Aneurisma.
  • Tumor, yang bisa bersifat jinak atau ganas (kanker).

Kabartangsel.com

Source