Connect with us

Pasca dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten masa jabatan 2017-2022 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Jumat 12 Mei lalu, pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy melakukan serah terima jabatan (sertijab) dengan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Irawan di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (15/05/2017).

Dalam sambutan perdananya, Gubernur Wahidin menyampaikan permintaan maaf kepada semua pihak yang merasa terganggu selama berlangsungnya tahapan Pilgub Banten 2017.

“Kita berikhtiar bersama-sama, dukungan pendiri, kiai dan semua pihak mari kita ikhlaskan diri kita  membangun Banten yang lebih baik. Mohon maaf dalam perjalanan jika ada yang terganggu. Kami punya tujuan yang sama agar Banten ke depan lebih sejahtera,” ujar Wahidin

Advertisement

Wahidin juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Banten, karena penyelenggaraan Pilkada Banten 2017 berlangsung aman dan damai. Menurutnya, itu semua terjadi karena masyarakat Banten sudah cerdas dan penuh kedewasaan.

“Menurut  saya, ini kondisi yang paling nyaman dan potensi ini akan kami kembangkan, karena Banten harus lebih baik. Saya mohon bantuan dari semua pihak agar kita bangun banten bersama.  Mari kita tinggalkan hirup pikuk perdebatan dan perbedaan pendapat,” ucapnya yang disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Acara sertijab semakin hangat, ketika Gubernur Banten ke-3 Rano Karno tampak hadiri dan duduk dikursi paling depan. Saat acara penyerahan cindera mata, Wahidin Halim dan Rano Karno tampak berpelukan dan saling mengucapkan selamat, begitu juga dengan Wakil Gubernur Andika Hazrumy.

“Teirma kasih kepada Rano Karno, Bu Atut dan Pak Joko Munandar.  Beliau yang telah memulai pembangunan Provinsi Banten. Saya akan wakafkan diri ini untuk rakyat banten. Mari bersama-sama kita bangun banten agar lebih baik,” tuturnya.

Advertisement

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyampaikan, dirinya siap membangun sinergitas dan saling mengisi antara Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemerintah Kabupaten dan Kota di banten. Sehingga Visi dan Misinya bisa dilaksanakan dengan baik untuk kemajuan Provinsi Banten yang lebih maju.

“Kalau pembagian tugas antara gubernur dan wakil gubernur kan sudah diatur oleh undang-undang. Yang terpenting adalah saling mengisi dan menguatkan untuk menjalankan visi dan misi,” kata Andika Hazrumy.

Menurut Andika, saat ini masyarakat banten telah bersatu kembali karena  pemilihan kepala daerah telah usai.

“‎Setelah pemilihan Gubernur Banten pada beberapa saat lalu, dan hari ini pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tentunya masyarakat Banten kembali bersatu untuk bagaimana kembali membangun banten lebih baik lagi setelah peroses pilkada selesai,” ‎kata Andika

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Wahidin Halim dan Andika Hazrumi. Sebelum dirinya kembali bertugas ke Kemendagri sebagai Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Nata menyampaikan pesan kepada Gubenrur dan Wakil Gubernur Banten yang baru.

“Banten merupakan wilayah yang sangat potensial untuk dikembangkan, dekat dengan ibu kota dan memiliki sumber daya alam di darat dan di laut yang belum tergarap dengan maksimal. Banten pun salah satu daerah yang memiliki APBD terbesar di Indonesia, diharapkan APBD tersebut bisa dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Nata Irawan.

Dirinya berpesan agar memperhatikan dan mengawal 12 proyek nasional di Banten seperti pembangunan jalan tol Serang-Panimbang, bandara Banten Selatan, Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, dan sejumlah proyek lainnya agar bisa berjalan baik dan lancar. Tak hanya itu, pengelolaan APBD, transparansi pengelolaan barang, dan optimalisasi pendapatan menjadi catatan yang harus dimaksimalkan termasuk  kerja sama pemberantasan korupsi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Semoga Gubernur dan Wkil Gubernur baru bias mengemban tugas dengan penuh pengabdian dan tanggung jawab,” tutur Nata. (pr/fid)

Advertisement

Populer