Sosialisasi Pembayaran Umrah dan Haji Khusus Melalui Siskopatuh

By on Selasa, 20 Agustus 2019
Sosialisasi Pembayaran Umrah dan Haji Khusus Melalui Siskopatuh

SERPONG (Kabartangsel.com) – Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umroh dan Haji Khusus atau dikenal dengan istilah Siskopatuh adalah Sistem Pengelolaan Data dan Informasi Penyelenggaraan Ibadah Umrah dan Haji Khusus yang aturan tata caranya tercantum dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI nomor 323 Tahun 2019.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, paca acara Sosialisasi Siskopatuh yang dilaksanakan pada Senin (19/08/2019) di restoran Lembur Kuring BSD, Tangsel. Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan Bank Syariah Mandiri Area Tangerang Raya, Ficko dan Ajeng, dan para Pimpinan Travel Biro Penyelenggara Umrah (PPIU).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor menjelaskan prosedur Pembayaran Biaya Penyelenggaraan Umrah (BPIU), antara lain Pertama, jemaah atau kuasa Jemaah melakukan pembayaran ke rekening PPIU pada BPS BPIU yang memiliki kerjasama dengan PPIU dan terhubung dengan aplikasi SISKOPATUH.

Kedua, pembayaran BPIU dapat dilakukan melalui pemindahbukuan, transfer, maupun pembayaran secara tunai.  Ketiga, jemaah atau kuasa jemaah membayar setoran awal BPIU dalam bentuk rupiah ke rekening PPIU pada BPS BPIU sesuai pilihan paket Umrah.

Keempat, BPS BPIU melakukan input nomor registrasi jemaah ke dalam aplikasi switching Siskopatuh. Dan kelima, BPS BPIU menerbitkan bukti pembayaran setoran BPIU sebanyak dua lembar yang dicetak melalui aplikasi.

“Aturan tatacara Siskopatuh tersebut tercantum dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI nomor 323 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pendaftaran Jemaah Umrah,” terangnya.

Acara Sosialisasi Siskopatuh ini diikuti sebanyak 100 Travel /PPIU se-provinsi Banten dan sebagai penyelenggara adalah Bank Syariah Mandiri Area Tangerang Raya. (Kemenag Tangsel)