Tanda-Tanda Munculnya Freckles di Mata Plus Penyebabnya

By on Minggu, 16 Juni 2019

Kemunculan bintik-bintik cokelat alias freckles di wajah adalah hal yang terbilang umum. Namun, ternyata freckles juga bisa muncul di bola mata. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengenali gejalanya?

Apa itu freckles mata?

gambar mata bagian mata

Freckles pada dasarnya adalah bintik yang mirip dengan tahi lalat. Kondisi ini muncul saat melanosit (pigmen pewarna pada kulit) berkumpul menjadi satu.

Pada mata, freckles disebut juga dengan nevus. Namun, kondisi ini bisa juga memiliki sebutan yang berbeda tergantung pada letaknya, seperti:

  • Nevus konjungtiva, berada di permukaan mata (bagian putih mata)
  • Nevus iris, berada di bagian mata yang berwarna
  • Nevus koroid, ada di bawah retina atau belakang mata

Kemunculan freckles di mata umumnya tidak berbahaya. Namun, kondisi ini juga bisa berkembang menjadi kanker mata. Oleh karenanya, kondisi ini perlu diawasi secara teratur oleh dokter.

Penyebab freckles di mata

lensa kacamata antisilau

lensa kacamata antisilau

Penyebab freckles di permukaan bola mata tidak diketahui secara pasti. Namun yang jelas nevus terdiri dari sel-sel melanosit. Sel ini menghasilkan pigmen yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata.

Biasanya melanosit tersebar merata di seluruh jaringan tubuh. Namun terkadang, sel ini juga dapat menggumpal dan membentuk nevi atau nevus.

Meski penyebab kemunculannya tidak diketahui, ada beberapa faktor yang diduga kuat menjadi pemicu kemunculan freckles di mata, seperti:

Ras

Nevus koroid khususnya, biasanya jauh lebih sering muncul pada orang kulit putih dibandingkan dengan kulit hitam. Namun, tidak diketahui secara pasti mengapa ras bisa memengaruhi kondisi ini.

Paparan sinar matahari

Sinar matahari diduga bisa meningkatkan peluang seseorang untuk terkena kondisi mata yang satu ini. Dilansir dari penelitian yang diterbitkan dalam Investigative Ophthalmology & Visual Science, ada sekitar 6 dari 10 orang yang memiliki kondisi ini. Artinya, kondisi ini cukup umum terjadi dan bukan kondisi yang langka.

Penelitian juga mengaitkan ada bahwa paparan sinar matahari bisa memunculkan bercak nevus iris baru pada seseorang. Namun, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan hal ini.

Tanda dan gejala freckles pada mata sesuai dengan tipenya

bintik kuning pada mata

bintik kuning pada mata

Nevus konjungtiva

Bintik freckles biasanya muncul pada bagian mata yang berwarna putih tanpa disertai gejala lainnya. Warnanya berkisar dari mulai kekuningan hingga cokelat.

Bentuk dan warnanya cenderung stabil, artinya tidak berubah seiring dengan berjalannya waktu. Namun perubahan warna terkadang terjadi selama seseorang berada di masa pubertas dan kehamilan.

Nevus iris

Freckles di bagian iris terkadang cukup sulit dilihat dengan mata telanjang, terutama pada orang dengan iris yang gelap. Oleh karenanya, dokter akan melihat kondisi ini melalui tes mata.

Namun, dibandingkan dengan orang yang irisnya gelap, freckles jenis ini lebih sering muncul pada orang bermata biru atau terang. Biasanya nevus iris ditandai dengan kemunculan bintik cokelat gelap atau hitam muncul pada bagian mata yang berwarna.

Nevus koroid

Kondisi ini muncul di bagian dalam mata, tepatnya di bawah retina pada lapisan jaringan yang disebut koroid. Nevus koroid hanya dapat dilihat saat mata diperiksa. Biasanya freckles di bagian ini cenderung berwarna abu-abu, kuning, cokelat, atau banyak warna lainnya.

Freckles jenis ini umumnya tidak menimbulkan gejala lain. Namun jika sudah bermasalah, biasanya muncul cairan dari retina yang disertai dnegan pertumbuhan pembuluh darah abnormal. Bahkan, ada beberapa kasus di mana nevus koroid membuat seseorang mengalami kebutaan.

Kabartangsel.com

Source