Tangsel Mulai Bangun Sistem Penyediaan Air Minum

By on Sabtu, 7 Oktober 2017
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking konstruksi jaringan distribusi utama air minum, Jum'at 6 Oktober 2017

Ciputat, kabartangsel.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS), mulai membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Dimulainya pembangunan SPAM ini ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking konstruksi jaringan distribusi utama air minum oleh Walikota Airin Rachmi Diany di Villa Dago Tol, Kecamatan Ciputat, Jum’at (6/10/2017).

Dalam sambutannya, Walikota Airin Rachmi Diany mengharapkan proyek ini dapat membantu pemerintah Tangsel di bidang air bersih dan dapat berjalan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati bersama.

”Dalam hal ini kita sedang berusaha bagaimana tugas dan kewajiban untuk masyarakat mendapatkan air bersih dan kewajiban tersebut harus sesuai dengan RPJMD Tangerang Selatan, RPJMD Provinsi dan RPJMM Nasional. Karena pemerintah harus bisa dan mampu menghadirkan sarana dan prasarana air bersih,” kata Walikota Airin.

Peletakan batu pertama atau groundbreaking konstruksi jaringan distribusi utama air minum, Jum'at 6 Oktober 2017

Dalam pembangunan SPAM ini, PT PITS bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja yang merupakan BUMD milik Pemerintah Kabupaten Tangerang. Dalam kesepakatan kerjasama itu, PT PITS membeli air curah sebanyak 50 liter/detik yang setara dengan 4500 sambungan rumah. Dari 50 Liter dapat mensuplai kebutuhan air bersih ke Balai Kota Tangsel kurang lebih 2 liter/detik, dan sisanya disalurkan bagi masyarakat di sekitarnya.

Pengerjaan proyek konstruksi jaringan distribusi air minum menuju kawasan pusat pemerintahan Kota Tangsel dan masyarakat sekitar ini dilakukan oleh PT. Baruno Aneka Mandiri. (fid)