Tangsel Tangkal Berita Hoaks

By on Senin, 19 November 2018

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berkomitmen untuk menangkal berita bohong atau Hoaks. Untuk memperkuat anti hoaks, Pemkot Tangsel menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral di Soll Marina Hotel, Kelurahan Pakulonan, Serpong Utara pada Jumat, 16 Nopember 2018.

Rapat lintas sektroal ini dipimpin Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Turut hadir juga Kepala Kantor Kemenang Tangsel Abdul Rojak, Dandim 0506 Tangerang, Let. Kol.Infanteri Faisol, Kapolres Tangsel AKBP Ferdi Irawan, Ketua DPRD Tangsel Mochamad Ramli, Ketua Pengadilan Agama Tigaraksa Maman, Ketua Pengadilan Negeri, Asisten Daerah I Rahmat Salam, Asda II Retno Prawati dan para Kepala OPD se–kota Tangsel.

Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia terdapat sekitar 43.000 situs yang mengklaim sebagai portal berita. Dari jumlah tersebut, yang sudah terverifikasi sebagai situs berita resmi tak sampai 300. Artinya terdapat setidaknya puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita palsu di internet yang mesti diwaspadai.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, rakor lintas sektoral ini secara khusus membahas tentang Bahaya Berita Hoaks. Sebab, akhir-akhir ini semakin marak di media sosial.

“Oleh karena itu, apabila mendapati sebuah berita, apalagi dengan judul provokatif, sebaiknya kita mencari referensi berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan demikian, setidaknya sebagai pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang,” katanya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel Abdul Rojak menyampaikan, pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya hoax melalui pengajian, ceramah, dan forum lintas agama yang ada di kota Tangsel.

“Kita semua berharap dengan kegiatan edukasi ini masyarakat semakin sadar, pintar, dan selektif dalam menerima sebuah berita,” tandasnya. (red/fid)