Connect with us

Dalam rentang waktu yang relatif singkat, periode kepemimpinan Walikota Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie berhasil mengukirkan beragam pencapaian dan apresiasi untuk Tangerang Selatan (Tangsel). Jika dilihat dari skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), komitmen dan kerja keras Airin-Benyamin berhasil membawa Tangsel melebihi pencapaian Banten, bahkan nasional.

IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan suatu daerah dalam membangun dan memajukan kualitas hidup masyarakat. IPM juga menentukan level pembangunan di suatu daerah. Seluruh indikator ini sangat berhubungan dengan komitmen dan kinerja kepala daerahnya.

Pada 2019, misalnya, skor IPM Tangsel mencapai 81,48. Nilai ini lebih tinggi dari pencapaian Banten dengan 72,44. Yang lebih membanggakan, skor IPM Tangsel melebihi catatan nasional yang sekadar 71,92.

Advertisement

Jika dibandingkan dengan sejumlah daerah penyangga Ibu Kota DKI Jakarta, pencapaian Tangsel di bawah kepemimpinan Airin-Benyamin juga membanggakan. Pada 2019, Tangsel berada di peringkat kedua dengan nilai IPM Tertinggi. Di tempat pertama ada Kota Bekasi dengan skor 81,59. Nilai IPM Kota Bekasi hanya berbeda 0,11 dengan Tangerang Selatan.

Pencapaian Tangsel tak bisa dipandang sebelah mata. Bayangkan, Kota Bekasi telah berdiri sedari 10 Maret 1997, sementara Tangsel baru diresmikan pada 26 November 2008. Kota Bogor, daerah dengan usia jauh lebih tua, bahkan hanya mampu mendapatkan skor IPM 76,23 pada 2019.

“Masyarakat Tangerang Selatan harus berbangga dengan keberhasilan yang dicapai Ibu Airin dan Pak Benyamin. Atas kerja keras dan komitmen keduanya, Tangerang Selatan terus mencatatkan pencapaian luar biasa,” tutur bakal Calon Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan, Rabu (26/8).

Menurut Pilar, pencapaian ini layak diapresiasi, termasuk dilanjutkan. Politikus muda Partai Golkar itu berharap masyarakat untuk terus berpartisipasi melanjutkan keberhasilan yang dicapai Airin-Benyamin.

Advertisement

“Bersama Pak Benyamin, kami berkomitmen untuk menjaga, melanjutkan, juga menyempurnakan pencapaian ini. Kami berharap masyarakat ikut berpartisipasi memajukan Tangerang Selatan. Jadikan Tangerang Selatan sebagai rumah bersama. Rumah yang harus terus dijaga, dirawat, dan diperhatikan,” imbau Pilar. (red)

Populer