Connect with us

Kabartangsel.com – Keberadaan kampus sudah selayaknya memiliki manfaat yang lebih bagi masyarakat, lebih-lebih masyarakat sekitar kampus. Tim Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang (UNPAM) terpanggil dan ikut ambil peran dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan pengelolaan usaha bagi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Tirta Al-Hikmah Reni Jaya Rt.008/014 Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan (Tangsel).

“Kegiatan Penyuluhan dan Pelatihan ini merupakan bagian dari pada tanggung jawab dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat,”  tutur Wiyanto, Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UNPAM dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi kabartangsel.com, Minggu (29/10/2017).

Wiyanto menjelaskan, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1)Membantu untuk menumbuhkan rasa saling percaya diantara anggota dengan didasari oleh keterbukaan, rasa saling menghargai, kesetaraan, keadilan, kejujuran dan nilai-nilai positif lainnya dalam mengembangkan KSM yang sehat, unggul dan berkelanjutan. (2) Membantu KSM Tirta Al-Hikmah dalam pengujian labolatorium air. (4) Membantu KSM Tirta Alhikmah dalam pengelolaan usaha baik dari sisi SDM, keuangan, pemasaran serta produksi dan operasi; dan (4) Membantu KSM Tirta Al-Hikmah dalam menentuka harga bagi pengguna, layanan KSM, menghitung BEP (Break Event Point) dan Menyusun laporan keuangan yang baik dan benar untuk KSM.

Advertisement

Sejak 10 Oktober 2016, masih kata Wiyanto,  KSM Tirta Al-Hikmah terbentuk, telah berhasil membuat sumur dengan kedalaman ±130 meter, dan bak penampungan air, serta pemasangan pipa air ke warga lengkap dengan water meternya. Sampai saat ini water meter yang terpasang sudah mencapai 54 titik (54 kepala keluarga). Namun, baru sebatas alat dipasang, belum bisa dialiri air. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa hal, antara lain: (1) KSM Tirta Al-Hikmah belum melakukan Uji Lab terhadap kondisi air sumur yang dibuatnya, (2) dengan anggaran yang dimiliki KSM ternyata jauh dari yang di harapkan (masih kurang) sehingga beberapa kepala keluarga (rumah) belum bisa di pasang pipa dan water meternya, (3) anggota KSM Tirta Al-hikmah belum bisa membuat laporan keuangan dan analisis keuangan yang baik (misalnya menghitung BEP (Break Event Point), menentuka harga, serta membuat laporan keuangan perbulanya, serta mengalokasikanya yang tepat, dan (4) KSM Tirta Al-Hikmah belum dapat melanjutkan programnya yang dibuat (mandeg) terutama pengelolaan KSM.

“Dengan keterlibatan kampus UNPAM seperti ini diharapkan KSM kembali menjalankan fungsinya sehingga visi dan tujuannya bisa tercapai dan memiliki keberlanjutan organisasi. Proses transformasi sosial di masyarakat, dari kondisi masyarakat yang tidak berdaya menjadi berdaya, mandiri dan pada akhirnya menuju madani, dilakukan melalui proses saling belajar bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan akan tetapi juga agar bisa berbagi nilai-nilai positif,”  pungkasnya.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Program menejemen UNPAM tersebut adalah: (1) Wiyanto, S.Pd.,M.M; (2)H. Eman Sulaeman, S.E.,M.M.; (3) Siti Nuraidawati, S.Sos.,M.M.; (4) Bachtiar Arifudin Husein, S.Kom.,M.M.; (5) Udin Saprudin, SE.,M.M., QIA; (6) Ana Septia Rahman, S.Pd.,M.M.; (7) Lucia Maduningtias, ST.,M.M.; (8) Arief Budi Santoso, SS.,M.M.; (9) Gozali Supiandi, SE.,M.M.; dan (10) Windy Gustia Wardani, S.Kom,M.M. disamping itu kegiatan PKM juga dibantu oleh mahasiswa unpam satu mahasiswa Agan Sobari (dari prodi S1 Manajemen UNPAM) dan satu mahasisw (Lynda Dwi Saputri) dari prodi S2 Manajemen. (red/fid)

Advertisement

Populer