Wahidin Halim dan Teten Masduki Buka Festival Durian Banten 2020 di Alam Sutera

By on Sabtu, 1 Februari 2020

Gubernur Banten Wahidin Halim bersama Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki secara resmi membuka Festival Durian Banten 2020, yang berlangsung di The Flavor Bliss Alam Sutera, (01/02/2020).

Festival durian yang kelima ini dalam rangka menyelamatkan sumber daya genetika durian Banten, serta menjaring durian-durian Banten terbaik.

Selain menampilkan durian-durian terbaik dari Banten, juga dilombakan dan dijual, dalam festival durian kali ini juga disiapkan 1.000 durian yang bisa disantap, atau dinikmati secara gratis oleh pengunjung.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan, durian-durian dari Bantensecara kualitas mampu bersaing dengan durian-durian lokal daerah lain, bahkan luar negeri.

“Ternyata begitu banyak varietas durian, ada 30 varietas durian. Disamping memang durian pernah top di banten durian potret, cuma masalahnya waktu itu pohonnya ditebangin sehingga sekarang punah dan kita sekarang coba hidupkan lagi” kata Gubernur “Kalau dulu yang seneng durian itu terbatas, oleh karena itu festivalnya kemaren-kemaren diadakan diserang tetapi tahun ini saya ingin masuk ke wilayah perkotaan, disini biar orang tahu bahwa banten juga punya durian,” tambahnya.

Selain memiliki ciri khas di setiap jenisnya, jenisnya pun beragam dengan bentuk, tekstur hingga rasa yang juga beragam.Tidak hanya sekadar nama, namun buah durian memang menjadi salah satu potensi perkebunan strategis di Banten.

“Tapi memang harus diakui kita mah kalah dengan malaysia tapi paling tidak durian di banten cocok dikembangkan.,” ujarnya.

Selain mengembangkan varietas duren lokal, Pemprov Banten juga sedang embangkan kopi merek WH, manggis, kulit melinjo, emping, jengkol, gula aren, kelapa. “Saya minta kerjasama dengan pak menteri agar UMKM kita arahkan agar produk kita ditawarkan dengan lambang atau brending banten,” ujarnya.