Connect with us

Malang – Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono menghadiri acara Happy Migrant Day 2019 yang dihadiri juga oleh Menteri Tenaga Kerja H. Ida Fauziyah, Rabu (18/12) di GOR Vira Yudha Madivif 2 Kostrad Malang Jawa Timur.

Dalam kegiatan tersebut Menteri Pertahanan RI H. Prabowo Subianto yang diwakili oleh Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa mari secara bersama-sama untuk selalu menjunjung tinggi semangat Bela Negara kepada para pekerja Migran Indonesia. Sesuai dengan Pasal 30 Ayat 1 UUD 1945 yaitu tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha Pertahanan dan Keamanan negara.

Demikian bunyi perintah Undang-undang tersebut setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta pertahanan dan keamanan negara dan ini sangat jelas menggaris bawahi bahwa kita semua sebagai warga negara ikut bertanggung jawab atas pertahanan dan keamanan negara.

Advertisement

Negara dan Bangsa menyadari dan mengakui peran para pekerja Migran sekalian adalah merupakan sebagai patriot bangsa yang ikut mendukung perekonomian bangsa”jelas Menhan.

Lebih lanjut Menhan menyampaikan bahwa para pekerja Migran Indonesia adalah merupakan pahlawan bangsa, pahlawan devisa, patriot sejati yang telah ikut membela negara dalam mengurangi jumlah pengangguran serta memperkuat posisi ekonomi Indonesia.

Pemerintah RI berusaha selalu memastikan untuk melindungi para pekerja Migran dimanapun berada. Jadilah Duta Bela Negara diluar negeri, jadilah contoh yang baik jangan melakukan pelanggaran hukum dan jangan terpancing karena kelengahan atau kecerobohan sehingga terjebak dalam hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Menhan juga mengharapkan agar kedepan Pekerja Migran Indonesia merupakan bagian dari duta bangsa di negara luar dengan mensosialisasikan Indonesia yang kaya akan pariwisatanya sehingga Indonesia menjadi negara yang terkenal akan pariwisata dan ini adalah merupakan suatu bentuk Bela Negara dari Pekerja Migran Indonesia dimanapun berada.

Advertisement

Kegiatan acara Happy Migrant Day 2019 diakhiri dengan penandatangan naskah MOU antara Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Pertahanan tentang kerjasama Kepelatihan Bela Negara bagi Pekerja Migran Indonesia.(rilis/fid)

Populer