Connect with us

Pemerintahan

Wakil Walikota Pilar Saga Ichsan Cek Persiapan Revitalisasi Drainase yang Menggenangi Jl Ceger Raya

Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Robby Cahyadi mendampingi kunjungan Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan untuk meninjau genangan air di Jl Ceger Raya, Pondok Aren, Selasa (02/05).

Kunjungan Wakil Wali Kota yang kedua kalinya ini di Jl Ceger ini untuk memastikan kondisi di lapangan dan rencana Dinas SDABMBK untuk merevitalisasi drainase yang tidak mengikuti elevasi sehingga air tidak dapat mengalir secara normal.

Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan menyampaikan rencana pekerjaan revitalisasi drainase Jl Ceger Raya dan rencana peninggian jembatan yang dilintasi Kali Cantiga.

“Tahun lalu sudah kita anggarkan, dan bulan Mei ini pelaksanaan. Saat ini lagi proses lelang, insyaallah Minggu kedua dan ketiga sudah mulai penanganan fisik untuk pembangunan,” ungkapnya saat melakukan peninjauan.

Advertisement

Apalagi kata Pilar, Detail Engineering Design (DED) untuk drainase yang ada di Jalan Raya Ceger telah keluar sehingga pembangunan segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Dimana memang di sini (Jalan Raya Ceger-Red.) drainasenya terutama elevasinya harus kita benahi dan Kali Cantiga juga kemudian kita lebarkan, dari 4,5 meter menjadi 7,5 meter dan juga ada yang 10 meter sekaligus peninggian jembatan,” terangnya.

Hal ini dilakukan karena saat ini drainase yang ada di Jalan Raya Ceger mengikuti elevasi jalan yang justru ada kenaikan.

“Nah ini sekarang kita ubah posisinya, supaya drainase ini bisa mengikuti elevasi yang seharusnya. Jadi air itu mengikuti gravitasi, dan masuk ke Kali Cantiga,” ujarnya.

Advertisement

Saat disinggung kenapa baru saat ini proyek mulai dilaksanakan, Pilar menegaskan bahwa pembenahan ini menunggu anggaran yang sudah direncanakan dan disahkan di Tahun 2023.

Bahkan ia menjelaskan baik penanganan sementara dengan melakukan penyedotan dan penanganan permanen.

“Seperti tahun lalu saya sudah katakan bahwa penanganan ini sementara ya kita gunakan pompa untuk melakukan penyedotan. Nah saat ini penanganan permanen akan segera dilaksanakan, di tahun ini sesuai anggaran murni bisa terlaksana, ya minta doanya ini semua lancar,” pungkasnya

Sementara itu, Kepala Dinas SDABMBK Tangsel Robby Cahyadi menambahkan panjang penanganan revitalisasi drainase Jl. Ceger Raya sepanjang +/- 150 meter dengan mengikuti elevasi sesuai DED, agar arah gravitasi air mengalir ke Kali Cantiga, sementara kedalaman pada titik tertinggi mencapai kedalaman 3 meter.

Advertisement

“Kita tangani dulu drainasenya agar tuntas, perkiraan masuk pekerjaan akhir bulan Mei ini dan lama pekerjaan maksimal 3 bulan paling cepat dia bulan, saat ini sedang proses pengadaan melalui E-Cataloge,” paparnya.

 

Upaya Dinas SDABMBK dalam menangani drainase di depan Komplek Mega Persada ini sudah berlangsung lama, di mulai awal tahun 2022, dengan rencana solusi membuat sodetan melalui jalan swadaya ditolak warga setempat. Namun langkah penanganan terus dilakukan dengan membuat tampungan sementara dan memasang pompa otomatis saat air meninggi, upaya tersebut tidak membuahkan hasil sehingga perlu dilakukan penyedotan dengan mesin pompa portable high pressure guna mengangkat air limbah yang masuk ke drainase, sampah dan lumpur yang ditimbulkan oleh pembuangan usaha laundry, rumah makan dan rumah tangga, dari kedalaman tampungan kedalaman 3 meter, setengahnya adalah lumpur sehingga pompa kerap mengalami gangguan karena tersumbat, keberadaan drainase kota secara khusus memiliki penampang terbatas, sehingga kami menghimbau agar masyarakat pemilik usaha di sisi jalan Ceger Raya, untuk memiliki pengolahan tampungan limbah sesuai aturan saat ijin pendirian usaha. (Adv)

Advertisement
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer