Xiaomi Klaim Siap Luncurkan Smartphone 5G Mi Mix 3 Tahun Depan

By on Senin, 10 Desember 2018

Kabartangsel.com – Vendor smartphone dunia tengah berlomba menghadirkan produk yang mendukung jaringan 5G. Salah satu yang tak talah bersaing, yakni Xiaomi. Meski saat ini belum ada negara yang resmi mengomersialkan teknologi generasi kelima tersebut, namun Xiaomi mengaku siap meluncurkan smartphone 5G tahun depan.

Sebagaimana dilansir dari laman AndroidCentral, Senin (10/12), smartphone yang dikatakan bakal kompatible dengan jaringan 5G itu adalah Xiaomi Mi Mix 3. Namun, Xiaomi Mi Mix 3 yang mendukung 5G itu adalah Mi Mix 3 varian baru.

Diketahui, Xiaomi meluncurkan Mi Mix 3 pada Oktober lalu di rumahnya, Tiongkok. Pada saat itu pula perusahaan yang digawangi Lei Jun itu menyebut akan meluncurkan varian perangkat 5G-enabled. Selang beberapa waktu, detail lebih lanjut tentang perangkat itu terungkap berkat acara Xiaomi baru-baru ini yakni Partner Conference di Beijing, Tiongkok.

Xiaomi Mi Mix 3 versi 5G untuk urusan dapur pacu sudah jelas. Perangkat tersebut akan ditenagai prosesor Snapdragon 855 dan modem Qualcomm X50 5G. Pihak Xiaomi mengklaim bahwa perangkat smartphone 5G-nya ini akan dapat memberikan kecepatan unduh hingga 2 Gbps.

Terkait dengan perangkat 5G-nya, Xiaomi juga mengaku akan berpartisipasi dalam uji lapangan pra-komersial dengan operator seluler China Mobile pada kuartal pertama 2019 mendatang. Malahan, Xiaomi menyebut telah melakukan prariset 5G sejak 2016 silam dan desain smartphone 5G perdananya diperkenalkan awal 2017 lalu. Xiaomi kemudian melanjutkannya dengan membuka 5G signalling dan koneksi data pada September 2018 kemarin.

Menyoal teknologi 5G, topik tersebut mencuat dan semakin hangat diperbincangkan kala Qualcomm menggelar konferensi akbar di Hawaii, Amerika Serikat (AS) pekan lalu. Dalam gelaran tersebut, raksasa semiconductor itu menyebut bahwa tahun 2019 adalah tahun 5G. Dalam ajang tersebut beberapa vendor smartphone Tiongkok juga menyatakan diri akan kesiapan perangkat 5G. Vendor-vendor tersebut adalah Oppo, Vivo, OnePlus, ZTE, termasuk Xiaomi.

Kembalii ke Xiaomi, perusahaan menyebut akan meluncurkan ponsel komersial yang bekerja di jaringan 5G China Mobile pada kuartal ketiga 2019. Xiaomi juga mencari untuk memanfaatkan posisinya sebagai penyedia layanan Internet of Things (IoT) terkemuka. Hal ini guna menjelajahi aplikasi baru yang memanfaatkan 5G di rumah dengan perangkat pintar.

Selain soal chipset, Xiaomi Mi Mix 3 varian 5G kabarnya juga akan dibekali dengan memori RAM sebesar 10 GB. Untuk harganya, Xiaomi Mi Mix 3 5G belum diketahui.

Namun Sebagai gambaran, harga untuk Xiaomi Mi Mix 3 reguler dilepas dengan harga mulai dari CNY 3.299 atau setara dengan Rp 7,2 jutaan untuk model dengan 6 GB RAM dan 128 GB penyimpanan. Sementara harga lainnya yakni CNY 3.999 atau setara dengan Rp 8,8 jutaan untuk pilihan 8 GB RAM dan 256 GB penyimpanan.

Model lainnya yakni model 10 GB adalah varian edisi spesial berjuluk ‘Forbidden City Palace Museum’ yang dilengkapi dengan penyimpanan 256 GB dapat ditebus dengan biaya CNY 4.999 yuan atau sekitar Rp 11 jutaan. Xiaomi Mi Mix 3 reguler hadir dengan material layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus.

Pada bagian belakang smartphone ini terhubung dengan bodi depan mengusung slider magnet yang menjadi rumah dari dua kamera depan. Masing-masing kamera selfienya mengemas kemampuan 24 megapiksel dan 2 megapiksel. Sementara untuk kamera utamanya adalah 12 MP + 12 MP.

(ryn/JPC)

Source