12 Tahun Terlantar, Terminal Pondok Cabe Akan difungsikan Kembali

By: Kamis, 8 November 2012

Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan memfungsikan kembali bekas Terminal Pondok Cabe di Kecamatan Pamulang menjadi terminal tipe A antarkota-antarprovinsi di wilayah itu. Langkah ini diambil karena rencana untuk membangun Terminal Ciputat gagal akibat terkendala lahan.

“Pembangunan Terminal Ciputat sulit diwujudkan karena terkendala lahan. Kami kesulitan membebaskan lahan milik warga,” ujar Kepala Bidang Angkutan Umum Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Tangerang Selatan, Wijaya Kusuma, Kamis, 8 November 2012.

Wijaya mengatakan, warga pemilik lahan mematok harga mahal atau dua kali lipat dari harga nilai jual obyek pajak (NJOP) sehingga pemerintah Tangerang Selatan harus mencari alternatif lain untuk terminal. Sebagai alternatif, kata Wijaya, pihaknya telah mengusulkan untuk merekonstruksi kembali eks Terminal Pondok Cabe di Kecamatan Pamulang, yang sedianya sudah ditelantarkan selama hampir 12 tahun.

Terminal Pondok Cabe dibangun Pemerintah Kabupaten Tangerang selaku pemerintahan induk dari Kota Tangerang Selatan, yang resmi memisahkan diri pada 2008. Namun, sejak dibangun, terminal itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Para sopir angkutan maupun bus lebih memilih pasar dan jalan di Ciputat sebagai terminal bayangan.

Dalam rencana rekonstruksi Terminal Pondok Cabe ini, kata Wijaya, terminal ini akan dijadikan terminal tipe A, dengan daya tampung angkutan umum, angkutan antardaerah, baik dari Jakarta maupun wilayah lainnya.

Untuk itu, kata dia, akan dilakukan studi kelayakan tahun depan dan perkiraan pembangunan akan dilakukan tahun 2014. (Tpo/kt)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *