3 Cara Alami dan Mudah Mengatasi Rambut Rontok

By on Jumat, 21 September 2018

Bagi beberapa orang, rambut rontok bisa sangat menganggu dan mungkin memalukan. Apalagi jika rambut yang rontok cukup parah. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok. Anda bisa melakukan perawatan rambut rontok ini di rumah.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Rambut rontok bisa diatasi tanpa obat yaitu dengan mengubah gaya hidup lebih sehat dan menggunakan bahan alami.

1. Konsumsi nutrisi penting untuk rambut

Berikut beberapa nutrisi yang dapat mengatasi rambut rontok.

  • Zat besi. Anemia bisa menyebabkan rambut rontok. Suplemen zat besi dapat membantu Anda mengatasi anemia. Cukupi juga asupan zat besi dati menu makanan Anda. Sumber makanan yang mengandung zat besi antara lain sayuran berdaun hijau, daun bawang, buah-buahan kering, daging, unggas, dan kacang mede.
  • Zinc dan biotin. Sumber nutrisi ini dapat membantu pertumbuhan rambut. Orang yang mengalami kekurangan zinc dan biotin dapat memiliki rambut dan kuku yang tipis atau rapuh.
  • Protein. Ini adalah zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut. Asupan protein yang terlalu rendah dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Oleh sebab itu, cukupi asupan protein harian Anda. Asupan protein cukup mudah didapat, termasuk dari ikan, daging, telur, kacang-kacangan seperti kacang almond, tahu dan tempe, hingga beberapa buah dan sayuran tinggi protein (alpukat, kurma, jambu biji, nangka, pisang, brokoli, jamur, kentang, jagung, dan asparagus).

2. Mengelola stres

Stres yang berlebihan bisa memicu rambut rontok, bahkan dapat menyebabkan kebotakan atau alopecia areata.

Cara yang mungkin bisa membantu mengelola stres Anda adalah dengan olahraga, melakukan yoga, berdoa, atau meditasi. Ini memberikan efek menenangkan untuk pikiran Anda, sehingga Anda bisa berpikir lebih jernih.

3. Minyak esensial

Anda bisa menggunakan beberapa jenis minyak esensial ke bagian rambut yang rontok. Minyak esensial yang bisa digunakan antara lain minyak rosemary dan minyak lavender.

Minyak rosemary dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan serta melebatkan ketebalan rambut. Minyak rosemary bekerja dengan cara meningkatkan metabolisme sel untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Sementara minyak lavender berperan sebagai antioksidan kuat guna mengurangi peradangan. Dengan meredakan peradangan, kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan setiap helai rambut.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan minyak esensial harus dicampur dengan minyak pengencer (misalnya minyak zaitun atau minyak kelapa) serta pastikan Anda tidak alergi terhadap kandungan minyak esensial tersebut.

Kabartangsel.com

Source