Connect with us

Tangsel

3 Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Garap Aplikasi sharee-sharia economics education

Lingkar Studi Ekonomi Syariah (Lisensi) melakukan peluncuran aplikasi ekonomi pertama di Indonesia. Aplikasi ini diharapkan bisa lebih mendekatkan masyarakat kepada ekonomi syariah.

Aplikasi ini diberi nama “sharee-sharia economics education”. Aplikasi berbasis android ini diberi tagline “ekonomi syariah dalam genggaman”.

Tiga konten unggulan aplikasi syariah ini adalah kamus, artikel, dan informasi terbaru tentang ekonomi syariah. Kamusnya berisi istilah-istilah ekonomi syariah seperti yang terdapat dalam perbankan, asuransi dan pasar modal syariah. Misalnya seperti sukuk, akad mudharabah, ijarah, dan lain-lain.

Artikel syariah berisikan berbagai macar tulisan yang membahas tentang ekonomi syariah, entah itu riset ataupun paper untuk media pembelajaran. Sedangkan yang terakhir berisi informasi dari media massa terkait informasi terbaru di bidang ekonomi syariah.

Advertisement

Aplikasi ini digarap oleh tiga mahasiswa UIN Syarifhidayatullah Jakarta, yaitu Lutfi Haris (Developer dari Ideaplay-FST UIN Jakarta), Asep Saepullah (content management-FSH UIN Jakarta), dan Ridha Danjanny (content management-FSH UIN Jakarta).

“Perkembangan ekonomi syariah yang pesat menuntut adanya inovasi baru,” ujar Asep, akhir pekan lalu.

Oleh karena itu diperlukan ide-ide baru terkait pembelajaran ekonomi Islam kepada masyarakat. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang keunikan ekonomi Islam dan mendekatkannya kepada masyarakat. Asep menilai aplikasi semacam ini merupakan salah satu upaya terbaik yang bisa dilakukan saat ini.

Menurutnya hal ini sesuai dengan tujuan Bank Indonesia yang salah satunya adalah mengedukasi masyarakat tentang perbankan syariah. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini masyarakat menjadi lebih memahami manfaat dan keuntungan ekonomi Islam, khususnya perbankan syariah.

Advertisement

Diharapkan di masa depan akan lebih banyak inovasi baru yang dapat diciptakan untuk mengembangkan ekonomi Islam di Indonesia. Edukasi yang terus-menerus akan meningkatkan pemahaman masyarakat, dan ikut meningkatkan pangsa pasar syariah di Indonesia.

Lisensi merupakan salah satu kelompok studi ekonomi islam dari 120 kelompok studi ekonomi islam yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka disatukan dengan Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam. Lisensi berkedudukan di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang mengkaji ekonomi syariah dan memiliki visi membumikan islam dalam bidang ekonomi. (Republika/kabartangsel)

Advertisement

Populer