Connect with us

Tangerang Selatan

3 Wilayah Binaan CSR Indah Kiat Tangerang Ikut Serta Program Kampung Iklim KLHK

Tiga wilayah binaan CSR PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang Mills diusulkan ikut serta dalam Program Kampung Iklim (Proklim) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Ketiga wilayah tersebut yakni Jelupang, Wates dan Pakualam Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel. Ketiganya sudah memenuhi persyaratan untuk diverifikasi. Saat ini tahap pemantapan,” kata Sustainability Head PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin.

Tiga wilayah yang dipersiapakan untuk proklim, sambung Kholis, Indah Kita sudah memeberikan dukungan sarana maupun prasarana untuk kelengkapan verfikasi saat penilaian. Tahun lalu, satu wilayah binaan perusahaan yang memproduksi kertas, yakni, Kampung Marga Jaya berhasil memperoleh Piagam Proklim dari KLHK.

Advertisement

“Kalau masyarakat support, pasti bisa berjalan. Harus ada keterikatan dari masyarakat dan pemerintah setempat,” ucapnya.

Ia berharap tahun ini ketiga wilayah binaan perusahaan dibawah Asia Pulp and Paper ini melanjutkan kesuksesan Kampung Marga Jaya dengan memperoleh sertifikat proklim tingkat utama.

“Menjadi komitmen Indah Kiat untuk membantu masyarakat dan lingkungan di wilayah sekitar perusahaan dalam adaptasi dan mitigasi terhadapi perubahan iklim,” ucapnya.

Sementara, Sekretaris Komisi IV DPRD Banten, Muhammad Nurkholis mengapresiasi dukungan yang diberikan PT Indah Kiat Tangerang dalam program kampung iklim ini.

Advertisement

“Kita Provinsi support 100 persen, memang targetnya 2024 kita harus tercapai. Sebenarnya ada 500 titik proklim, kita mau kejar jumlah ini, mudah-nudahan setelah pandemi ini kita bisa berjalan,” ujarnya.

Menurut Nurkholis pihanya sudah menganggarkan utuk mendukung proklim pada tahun lalu. Lantaran terkendala recofusing covid-19 anggaran tersebut ditiadakan.

“Tahun ini kita sudah anggarkan hampir diatas 50 titik, tapi lagi-lagi ada refocusing, akhirnya tahun ini hanya 10 titik,” terangnya.

Ditegaskan Nurkholis, program Indah Kiat Tangerang mensupport proklim ini harus dicontoh perusahaan lain. Sebab, ada keterlibatan perusahaan dengan lingkungan. Untuk itu, pihaknya tengah mendorong perusahaan menyalurkan CSRnya untuk lingkungan.

Advertisement

“Karena ini memang kewajiban mereka (perusahaan-red), kita di Tangerang Raya ini kan ada berapa ribu perusahaan. Perusahaan itu harus bertanggung jawab atas sampah dan lingkunganya. Ini kan bagus Indah Kiat memberi support terhadap lingkungan untuk proklim,” tandasnya. (wt/red)

Populer