6 Tips Belanja Sehat yang Sayang untuk Dilewatkan

By on Kamis, 10 Oktober 2019

Saat berbelanja, godaan untuk membeli makanan yang tidak sehat sangat tinggi. Apalagi, segala jenis makanan terpampang di setiap sudut pasar atau supermarket. Sayangnya, kebanyakan yang menarik hati adalah makanan yang kurang sehat, misalnya camilan tinggi kalori atau minuman kaya gula. Nah, agar tak kalap membeli bahan makanan yang kurang sehat dan tak perlu, yuk ikuti beberapa tips belanja berikut ini.

6 tips belanja bahan makanan untuk tubuh yang sehat

Supaya tak membuang-buang waktu tapi tetap bisa memilih bahan makanan yang terbaik, yuk sima beberapa tips belanja berikut ini.

1. Periksa persediaan

Tentu saja, sebelum belanja Anda harus memeriksa terlebih dahulu persediaan yang masih dimiliki. Jika masih bisa digunakan, Anda bisa menyesuaikan jenis masakan yang bisa dimasak dengan bahan yang masih ada.

Sisanya, sebagai salah satu tips yang bisa Anda gunakan untuk belanja yang sehat, Anda hanya perlu membeli bahan-bahan yang sudah habis atau belum tersedia. Dengan begitu, Anda bisa lebih berhemat dan tidak membeli bahan yang sudah ada agar tidak kaget saat melihat struk belanja.

2. Buat daftar belanja

Setelah memeriksa persediaan, Anda masih belum ‘boleh’ pergi ke supermarket atau ke pasar terlebih dahulu. Pasalnya, sebelum belanja bahan makanan, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu bahan-bahan masakan yang belum ada dan akan dibutuhkan.

Kalau perlu, pikirkan bahan masakan untuk satu minggu ke depan. Hal ini bisa menjadi salah satu tips belanja yang sehat, karena selain Anda bisa lebih terorganisir, Anda juga bisa memilah terlebih dahulu bahan masakan mana yang lebih sehat yang sebaiknya dibeli.

3. Buatlah kategori dalam daftar belanja

Untuk menghemat waktu, tips lain dalam melaksanakan belanja sehat adalah membuat kategori dalam daftar belanjaan Anda. Misalnya, tulis buah-buahan terlebih dahulu, lalu tulis sayur-sayuran, baru bumbu dapur. Hal ini akan sangat bermanfaat, khususnya bagi Anda yang sudah hafal dengan layout bangunan tempat Anda berbelanja nanti.

Dengan membuat kategori seperti ini, Anda bisa menghindari tempat-tempat atau gang-gang di supermarket tempat makanan-makanan yang tidak sehat namun menggugah selera. Sebab, melewati tempat-tempat makanan yang enak dapat membuat Anda lupa diri sehingga memutuskan untuk membeli makanan yang ada di depan mata Anda tanpa berpikir panjang.

4. Belanja dengan realistis

Jika Anda masih baru memulai untuk belanja sehat, tips lain yang bisa Anda praktikkan adalah realistis dalam berbelanja. Mengapa demikian? Karena sering kali, saat baru memulai, semangat Anda akan sangat membara. Padahal, belum tentu semua makanan sehat yang terlihat menarik bisa Anda konsumsi dalam waktu satu minggu.

Maka dari itu, saat Anda baru memulai, pilihlah hanya beberapa jenis makanan sehat. Sisanya, Anda bisa membelinya saat berbelanja bahan makanan di waktu lain. Hindari pula membeli makanan yang tidak ada di dalam daftar belanja. Karena Anda sering kali hanya ‘lapar mata’ tanpa tahu apakah makanan tersebut akan Anda makan atau tidak.

Jika Anda berbelanja sesuka hati, mungkin Anda akan lebih banyak mengeluarkan uang dan banyak pula bahan makanan yang pada akhirnya terbuang karena sudah kedaluwarsa atau sudah rusak.

5. Jangan berbelanja saat lapar

Saat hendak berangkat ke supermarket atau pasar, jangan pergi dalam keadaan lapar. Rasa lapar bisa ‘mendikte’ Anda untuk berbelanja makanan yang tidak ada di dalam daftar belanja. Misalnya, makanan manis atau camilan yang selain tidak sehat untuk tubuh Anda, juga akan membuat Anda mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Maka dari itu, salah satu tips lain yang bisa Anda gunakan jika hendak belanja sehat adalah makan terlebih dahulu sebelum pergi berbelanja. Hal ini memudahkan Anda berkonsentrasi untuk tetap belanja sesuai dengan daftar yang sudah dibuat sebelumnya.

6. Fokus pada produk yang sehat

Saat berbelanja, cobalah untuk fokus terhadap produk yang lebih sehat. Hal ini mungkin akan membutuhkan lebih banyak waktu. Tetapi, jika Anda ingin belanja untuk hidup yang lebih sehat, tips ini bisa Anda praktikkan. Misalnya, jika Anda hendak membeli satu jenis makanan yang tersedia dalam berbagai merek, pilihlah dengan bahan yang lebih sehat dibanding merek lainnya.

Jika perlu, Anda bisa mencari tahu produk apa saja yang sehat melalui internet sebelum berangkat ke supermarket atau pasar. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat waktu saat berada di tempat belanja.

Meski sudah mengantongi tips belanja sehat, Anda tetap harus mengetahui manfaat dari makanan yang hendak Anda beli. Saat berbelanja bahan makanan di supermarket, Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan Anda.

Misalnya, makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, gandum, hingga oatmeal adalah makanan yang kaya akan serat. Lalu, makanan seperti ikan, kacang kedelai, dan sereal adalah makanan yang kaya akan lemak omega 3.

Dengan mengetahui manfaat dari tiap-tiap makanan yang ada di supermarket, Anda mungkin akan lebih mudah menentukan bahan makanan mana yang lebih Anda butuhkan untuk kondisi kesehatan Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mempraktikkan tips belanja sehat ini saat berbelanja nanti, ya.

Sumber foto: thekitchn.com

Kabartangsel.com

Source