8 Bahan Alami yang Ampuh Meredakan Gatal Gigitan Nyamuk

By on Sabtu, 18 Agustus 2018

Tidak banyak orang yang sadar saat dirinya digigit nyamuk. Pasalnya, nyamuk biasanya menggigit area tubuh Anda yang tersembunyi, seperti bagian belakang tubuh dan menuju pergelangan kaki dan siku. Ketika menimbulkan bentol dan terasa gatal, barulah Anda menyadari kalau Anda baru saja digigit nyamuk. Ketimbang langsung mengambil losion antinyamuk, ada sejumlah bahan alami di rumah yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan gatal gigitan nyamuk. Apa saja itu?

Berbagai bahan alami yang ampuh meredakan gatal gigitan nyamuk

1. Oatmeal

Sumber:https://www.macheesmo.com/bacon-cheddar-savory-oatmeal/

Selain enak dimakan sebagai menu sarapan, oatmeal juga bisa digunakan untuk meredakan gatal gigitan nyamuk. Dilansir dari web pribadinya, Dr. Axe mengungkapkan bahwa oatmeal mengandung avenanthramides, sejenis antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan gatal.

Campurkan oatmeal dan air di dalam mangkuk dengan perbandingan yang sama, lalu aduk hingga menjadi pasta. Tuang beberapa sendok pasta oatmeal ke kain bersih, kemudian tempelkan ke bagian kulit yang gatal selama 10 menit. Jika sudah, segera bilas dengan air hingga bersih.

Bila Anda menemukan banyak bekas gigitan nyamuk di kulit, cobalah mandi dengan oatmeal. Caranya, taburkan satu cangkir atau sekitar 230 gram oatmeal ke dalam air hangat, lalu rendam tubuh Anda selama 20 menit. Usap bagian kulit yang gatal dengan oatmeal untuk meredakan gatalnya.

2. Madu

minum madu

Madu terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya menyembuhkan sakit tenggorokan hingga memar. Tak hanya itu, sifat antibakteri dan antiradang pada madu nyatanya juga dapat membantu meredakan gatal-gatal akibat gigitan nyamuk.

Oleskan setetes madu ke area kulit yang bentol supaya rasa gatalnya berkurang secara perlahan. Bila sudah tidak gatal, bersihkan kulit dengan air atau lap basah supaya tidak lengket. Ulangi cara ini sesering mungkin sampai rasa gatal di kulit benar-benar hilang total.

3. Es batu

es batu untuk wajah

Saat kulit mulai terasa gatal akibat gigitan nyamuk, coba tempelkan es ke area kulit yang gatal. Suhu dingin dari es dapat membantu menenangkan saraf yang memicu rasa gatal dan nyeri, termasuk gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Namun, hindari menempelkan es batu secara langsung ke kulit selama lima menit karena dapat merusak lapisan kulit. Supaya lebih aman, hancurkan es batu terlebih dahulu dan masukkan ke dalam kantong kain,

Setelah itu, tempelkan kantong es ke permukaan kulit yang gatal selama beberapa saat. Cara ini terbukti ampuh mengurangi gatal gigitan nyamuk yang mengganggu aktivitas Anda.

4. Lidah buaya

jus lidah buaya

Tanaman lidah buaya lebih akrab dikenal sebagai tanaman penyubur rambut. Bahkan, lidah buaya sedang banyak dilirik sebagai salah satu kandungan skincare yang dapat melembutkan kulit wajah.

Nyatanya, getah (gel) lidah buaya memiliki sifat antiradang yang dapat membantu menyembuhkan luka atau infeksi pada kulit. Itulah mengapa, lidah buaya juga cocok dioleskan ke area kulit yang terkena gigitan nyamuk untuk meredakan gatal-gatalnya.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk kasus ini cukup mudah. Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian, lalu ambil getahnya. Oleskan getah lidah buaya ke bagian kulit yang digigit nyamuk dan biarkan sensasi dinginnya menenangkan gatal-gatal di kulit Anda. Setelah rasa gatalnya mulai hilang, bersihkan kulit Anda dari sisa-sisa getah lidah buaya.

5. Baking soda

6 manfaat baking soda untuk kecantikan

Anda tentu akan mudah menemukan baking soda di rak dapur Anda. Meski lebih sering digunakan untuk membuat kue, baking soda nyatanya juga bisa digunakan untuk mengobati gatal akibat gigitan nyamuk, lho.

Baking soda mengandung senyawa alkalin ringan yang dapat menetralkan keseimbangan pH kulit. Itulah mengapa, baking soda bisa menjadi salah satu obat alami yang sangat baik untuk meredakan gatal gigitan nyamuk.

Buatlah pasta baking soda dengan cara yang sama seperti saat Anda membuat pasta oatmeal. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan air secukupnya, lalu aduk hingga mengental. Oleskan pasta baking soda ke area kulit yang gatal, kemudian biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air.

6. Cuka apel

Manfaat Cuka Apel

Cuka sari apel telah digunakan sejak zaman dahulu kala sebagai disinfektan atau pembasmi bakteri, karena memiliki sifat antiradang dan antibakteri di dalamnya. Karena itulah, cuka sari apel mulai banyak digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit, seperti infeksi, diabetes, hingga mengatasi kulit gatal.

Kandungan pada cuka apel dapat membantu mengurangi sensasi menyengat dan terbakar, terutama pada kulit. Anda bisa mengoleskan setetes cuka apel pada kulit yang gatal, lalu diamkan selama beberapa saat.

Bila tubuh Anda dipenuhi oleh bentol-bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk, cobalah mandi dengan menggunakan air cuka apel. Campurkan dua cangkir cuka ke dalam air hangat, lalu rendam tubuh Anda selama 20 menit. Hal ini bermanfaat untuk meredakan gatal gigitan nyamuk dan mempercepat penyembuhannya.

7. Bawang putih

makan bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu obat alami untuk meredakan gatal gigitan nyamuk. Ini karena sifat antiradang pada bawang putih dapat membantu mengurangi pembengkakan dan gatal akibat gigitan nyamuk.

Namun, hati-hati saat menggunakan bawang putih untuk mengobati gatal karena gigitan nyamuk. Pasalnya, bawang putih yang langsung ditempelkan ke kulit justru dapat memicu sensasi terbakar dan menyengat.

Sebagai solusinya, cincang halus bawang putih lalu campurkan dengan losion atau minyak kelapa. Racikan krim ini dapat mentransfer sifat antiradang dari bawang putih tanpa membuat kulit terasa perih.

Setelah itu, diamkan racikan krim di kulit selama 10 menit, lalu bersihkan dengan lap dingin. Ulangi cara ini sesering mungkin supaya rasa gatalnya cepat mereda.

8. Bawang merah

manfaat bawang merah bagi kesehatan

Tak perlu jauh-jauh membeli losion pengusir nyamuk, pergilah ke dapur dan ambil beberapa siung bawang merah. Sama seperti bawang putih, bawang merah juga memiliki sifat antijamur alami yang dapat mengurangi sensasi perih dan gatal akibat gigitan nyamuk.

Ambil beberapa siung bawang merah dan iris kecil-kecil. Tempelkan ke atas kulit yang teriritasi selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. Cara ini dijamin ampuh meredakan gatal gigitan nyamuk yang mengganggu.

Kabartangsel.com

Source