Connect with us

Pemerintahan

Dalami Peran Strategis Humas Pemerintah, Himaikom UPNVJ Lakukan Kunjungan ke Diskominfo Tangsel

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himaikom) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Tangerang Selatan pada Rabu (16/10/2024). Kunjungan ini dilakukan dalam agenda Company Visit Bidang Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangsel.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Layanan Informasi Publik Diskominfo Tangsel, Ahmad Syatiri mengapresiasi kunjungan dari pihak Himaikom UPN Veteran Jakarta ini.

Syatiri mengatakan, kunjungan ini menjadi momentum yang baik untuk berbagi ilmu kepada para mahasiswa mengenai bagaimana sistem kerja kehumasan di pemerintahan kota.

“Terimakasih atas kunjungan semua teman-teman mahasiswa hari ini. Semoga nanti teman-teman sekalian bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan ilmu tersebut bisa diaplikasikan di dunia kerja nanti, khususnya dalam bidang kehumasan dan komunikasi pemerintah kota,” ujar Syatiri.

Advertisement

Dalam kegiatan company visit ini, Humas Kota Tangsel memberikan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa mengenai peran strategis humas di pemerintahan daerah.

Syatiri menegaskan bahwa humas tidak hanya berfungsi sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai penjaga reputasi dan pencipta komunikasi yang positif antara pemerintah dan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Dosen Prodi Ilmu Komunikasi sekaligus Dosen Pendamping Kunjungan Rizkiya Ayu Maulida, MA mengungkapkan, tujuan kunjungan mereka ke Pemkot Tangsel untuk mempelajari lebih dalam lagi seputar humas di pemerintahan.

“Kunjungan hari ini kami lakukan dengan maksud, supaya mahasiswa lebih familiar dengan lingkungan kerja, jadi mereka tahu seluk beluk seorang humas yang berbeda dengan perusahaan komersil lainnya,” jelasnya.

Advertisement

Tidak hanya itu, Rizkiya juga berharap agar kegiatan ini dapat memberikan eksposur terhadap tempat kerja yang mungkin jadi tujuan mahasiswa setelah lulus kuliah.

“Kemudian tujuan kami datang ke Pemkot Tangsel adalah untuk melatih kepercayaan diri mahasiswa karena akan berhubungan dengan masyarakat luas,” ucapnya.

Di sisi lain, anggota Himaikom UPN Veteran Jakarta, Daffarel Saka Saputra, menyampaikan apresiasinya terhadap materi yang diberikan pada acara Company Visit ini.

“Saya mendapat insight baru terkait sistematika atau kerja Humas di Pemkot Tangsel. Sehingga alur kerja yang diterapkan dapat menjadi acuan dalam berorganisasi di kampus,” ujar Daffa. (fid)

Advertisement


Populer